Ahad 15 Mar 2020 14:11 WIB

Cegah Corona, Anies Minta Warga DKI Jaga Jarak Aman

Anies juga meminta warga DKI jauhi tempat berkumpul banyak orang

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan(Ist)
Foto: Ist
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan(Ist)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengeluarkan imbauan kepada warga terkait pencegahan penyebaran virus Corona. Pemprov DKI meminta warga untuk saling menjaga jarak agar meminimalisir penularan Covid-19.

"Dalam menghadapi hari-hari ke depan semua warga jakarta harus melakukan yang biasa disebut sebagai social distancing measure, yaitu menjaga jarak antar warga," kata Anies Baswedan melalui rekaman suara yang tersebar di kalangan wartawan di Jakarta, Ahad (15/3).

Baca Juga

Anies juga meminta masyarakat untuk mengurangi perjumpaan, menghindari kontak fisik dan menjauhi tempat-tempat berkumpul orang banyak. Dia meminta warga untuk tidak keluar rumah kecuali ada perihal yang amat penting.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu mengimbau warga agar sebisa mungkin mengadakan pertemuan secara jarak jauh. Dia meminta imbauan ini dijalankan ini dengan serius untuk seluruh anggota keluarga.

"Selamatkan diri sendiri, selamatkan keluarga, dan itu artinya menyelamatkan orang banyak," kata Anies lagi.

Pemprov juga meminta warga untuk menghindari tempat-tempat yang berpotensi menjadi wahana penularan. Misalnya kawasan penuh pengunjung atau kegiatan yang berdiri atau duduknya saling berdekatan.

Anies juga meminta masyarakat untuk meunda semua kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, walaupun itu kegiatan mulia tapi tidak bersifat tidak genting. Misalnya, arisan, pengajian, rapat-rapat, majelis talim dan sebagainya hingga semua sudah terkendali.

"Terkait dengan kegiatan keagamaan, dalam kondisi seperti ini lakukan kegiatan di rumah saja sampai penularan Covid-19 telah terkendali dengan baik," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement