Sabtu 14 Mar 2020 18:45 WIB

Antisipasi Corona, Unpad Gelar Perkuliahan Secara Online

Unpad lakukan kuliah secara online untuk antisipasi corona.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil
Antisipasi Corona, Unpad Gelar Perkuliahan Secara Online. Foto: Ilustrasi virus corona masuk Indonesia(MgIT03)
Foto: MgIT03
Antisipasi Corona, Unpad Gelar Perkuliahan Secara Online. Foto: Ilustrasi virus corona masuk Indonesia(MgIT03)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Universitas Padjajaran (Unpad) menyusul Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk menyelenggarakan proses pembelajaran kuliah secara daring atau online dimulai Rabu (18/3) mendatang. Langkah itu ditempuh sebagai antisipasi penyebaran virus korona di Indonesia di mana sudah 96 warga positif terpapar covid-19.

Dalam surat edarannya, Rektor Unpad, Rina Indiastuti mengatakan kegiatan belajar dengan tatap muka dikurangi secara bertahap dan digantikan secara daring atau online. Menurutnya, kegiatan bimbingan akhir dilakukan secara kombinasi online dan tatap muka terbatas.

Baca Juga

"Unpad menerapkan kebijakan untuk pengelola, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan tenaga pendukung untuk bertindak waspada dan tidak bersikap panik dalam menghadapi pandemi covid-19," ujarnya melalui surat edaran yang dikeluarkan.

Ia meminta agar seluruh civitas akademika menghindari kegiatan yang dihadiri banyak orang dan tidak menyelenggarakan kegiatan akademik maupun non akademik yang melibatkan banyak peserta. Menurutnya, seluruh civitas akademika diimbau untuk berperilaku hidup sehat.

Terkait dengan program profesi, Rina mengatakan terutama yang berhubungan dengan pasien tetap berjalan dengan memperhatikan prinsip Universal Precaution yang tertera dalam protokol kesehatan. Selain itu meningkatkan literasi covid-19 dan tidak mempercayai hoaks.

"Terlibat secara aktif di kampus dan tenpat tinggal melakukan pencegahan pandemi covid-19 sesuai protokol yang ditetapkan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement