Sabtu 14 Mar 2020 14:33 WIB

Menkes: ABK World Dream Jadi Duta Imunitas Corona

ABK World Dream dinilai telah melewati masa-masa sulit

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Esthi Maharani
Foto aerial WNI ABK World Dream berjalan setibanya di Pulau Sebaru Kecil untuk menjalani observasi di Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (28/2/2020).(Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Foto aerial WNI ABK World Dream berjalan setibanya di Pulau Sebaru Kecil untuk menjalani observasi di Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (28/2/2020).(Antara/Akbar Nugroho Gumay)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, melabeli anak buah kapal (ABK) World Dream yang telah melalui proses observasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, sebagai Duta Imunitas Corona. Ia menilai para ABK itu telah melewati masa-masa sulit sejak berada di Kapal World Dream hingga masa observasi.

"Saya akan sebut saudara-saudara semua sebagai Duta Imunitas Corona," ujar Terawan sebelum memberikan sertifikat sehat kepada 188 warga negara Indonesia (WNI) itu di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (14/3).

Menurut Terawan, mereka semua telah berhasil melawan masa-masa sulit sejak berada di kapal World Dream bersama dengan delapan penderita corona saat itu yang diturunkan di Cina. Ia menilai semua ABK itu dapat tetap sehat karena memiliki imunitas yang baik.

"Diobservasi juga sehat, kalianlah Duta-duta Imunitas Corona yang sejati. Kalau saudara-saudara bisa meningkatkan imunitas terhadap corona, berarti kami pun bisa. Jadi kalau kalian bisa menjadi duta imunitas corona kita pun bisa menjadi duta imunitas corona," katanya.

Ia meminta kepada 188 WNI itu memberikan tips soal cara meningkatkan imunitas tubuh agar bisa menghadapi corona dengan baik kepada pemerintah, keluarga, teman, dan masyarakat sesampainya di kampung halaman. Ia meminta mereka membagikan resep hidup bersih dan sehat yang mereka miliki.

"Kalianlah secercah harapan menjadi contoh optimisme nasional. Dengan contoh kalian tetap sehat dan kami pun akan belajar seperti sehatnya kalian, menghadapi membuat tubuh kita menjadi imun, imunitas kita naik ya, itu yang paling penting," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement