Sabtu 14 Mar 2020 10:56 WIB

Survei Cyrus Network Capres Terkuat 2024, Siapa Tertinggi?

Elektabilitas Prabowo Subianto masih berada di puncak.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Nashih Nashrullah
Tantangan Tiktok Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo di acara Matanajwa para Rabu (19/2) malam).(Tangkapan Layar Instagram Ridwan Kamil)
Foto: Tangkapan Layar Instagram Ridwan Kamil
Tantangan Tiktok Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo di acara Matanajwa para Rabu (19/2) malam).(Tangkapan Layar Instagram Ridwan Kamil)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Cyrus Network merilis hasil survei elektabilitas atau tingkat keterpilihan kandidat calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang. 

Ketika responden dihadapkan tujuh nama, elektabilitas tertinggi diraih Prabowo Subianto, diikuti Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, Anies Rasyid Baswedan, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, dan Tito Karnavian. 

Baca Juga

"Sebagian pemilih Jokowi mulai mengarahkan pilihan ke Ganjar Pranowo," ujar CEO Cyrus Network Eko Dafid Afianto dalam konferensi pers di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (13/3). 

Dalam pertanyaan terbuka terhadap 21 nama yang diajukan kepada responden, elektabilitas tertinggi diperoleh Prabowo, diikuti Joko Widodo (Jokowi), Sandiaga Uno, Anies, dan Ganjar. Sementara, ketika simulasi tujuh nama jadi capres 2024, maka Prabowo mengantongi suara sebesar 23,8 persen, Sandi 18,8 persen, Ganjar 13,2 persen, Anies 13 persen, Ridwan Kamil 8,2 persen, Khofifah 5,8 persen, dan Tito tiga persen.

Eko menuturkan, dalam simulasi tujuh nama itu, elektabilitas Ganjar naik 4,5 poin sehingga angkanya unggul dari Anies. Sedangkan elektabilitas Anies turun dari survei Juli 2019 lalu sebesar 19 persen menjadi 13 persen saat ini, meskipun Anies memiliki portofolio sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

Dia menduga suara yang diperoleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar berasal dari pemilih Jokowi pada Pemilu 2019 lalu. Sebab, responden memahami Jokowi telah menjabat sebagai presiden untuk dua periode.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih bertahan di angka dan posisi yang relatif sama, sekitar delapan persen. Selain itu, beberapa survei elektabilitas capres, kerap muncul nama mantan Kapolri Tito Karnavian yang sekarang menjabat Menteri Dalam Negeri.

Popularitas Tito berada di 10 besar dari 21 kandidat yang diajukan Cyrus Network. Akan tetapi, tingkat disukai terhadap nama-nama capres 2024 itu, posisi Tito turun menjadi peringkat 11.

Survei ini dilakukan Cyrus Network pada 24-30 Januari 2020 kepada 1.230 responden dengan tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen dan margin of error sebesar kurang lebih 2,85 persen. Responden tersebar di 123 kelurahan/desa di 34 provinsi di Indonesia.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement