Jumat 13 Mar 2020 21:11 WIB

KLHK Kirim Manggala Agni ke Karhutla Aceh

Lahan yang terbakar di Aceh ini didominasi tanah gambut.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Agus Yulianto
Personel Manggala Agni memadamkan kebakaran lahan gambut.
Foto: Antara/Manggala Agni
Personel Manggala Agni memadamkan kebakaran lahan gambut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) segera menindaklanjuti munculnya titik api di Provinsi Aceh dengan mengirimkan satu regu Manggala Agni Sumatera I Daops Sibolangit.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Basar Manullang mengungkapkan, satu regu Manggala Agni sudah diberangkatkan menuju Aceh Jaya dari Sibolangit, Sumatera Utara. "Satu regu yang diberangkatkan sudah dilengkapi dengan kendaraan operasional dan peralatan yang dibutuhkan," kata Basar, dalam keterangannya, Jumat (13/3).

Dia menjelaskan, lahan yang terbakar di Aceh ini didominasi tanah gambut. Oleh sebab itu, membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendeteksi letak titik api yang ada di lokasi.

Sampai dengan saat ini, petugas gabungan TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Dinas Kehutanan Provinsi Aceh, serta para pihak masih berusaha untuk menjinakan api. Kendala yang dihadapi adalah lokasi tidak dapat dijangkau armada pemadam dan sumber air yang lokasinya jauh.

Sebelumnya, musim kemarau dan kekeringan di Aceh meningkatkan potensi terbakar di kawasan hutan gambut. Terakhir, dikabarkan kebakaran semakin meluas di Kabupaten Aceh jaya yang luasnya mencapai 30 hektare.

Kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera. Salah satu wilayah yang mengalami kebakaran terparah yaitu Provinsi Riau. Kebakaran juga terjadi di Kabupaten Bengkalis dan sebelumnya pemerintah setempat menetapkan status siaga darurat asap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement