Sabtu 14 Mar 2020 00:18 WIB

Adisutjipto Lakukan Pembersihan dan Disinfeksi

Pembersihan dan disinfeksi ini juga dilakukan di area Terminal B Adisutjipto.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Friska Yolandha
Petugas berjaga di posko waspada virus corona di Terminal B Bandara Internasional Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (31/1/2020).(Antara/Hendra Nurdiyansyah)
Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah
Petugas berjaga di posko waspada virus corona di Terminal B Bandara Internasional Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (31/1/2020).(Antara/Hendra Nurdiyansyah)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto melakukan  pembersihan dan disinfeksi, Jumat (13/3). Kegiatan ini dilakukan di bangunan terminal dan seluruh fasilitas di area bandara dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) melalui jalur udara di Adisutjipto.

General Manager Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan, disinfeksi ini ditujukan untuk membersihkan fasilitas terminal. Khususnya terminal yang sering digunakan oleh pengguna jasa bandara seperti area Security Check Point (SCP), check-in counter, trolley, ruang tunggu, tombol flush pada toilet, wastafel, area bermain anak, internet corner, reading corner, mushalla serta nursery room.

Baca Juga

Selain itu, pembersihan dan disinfeksi ini juga dilakukan di area Terminal B Adisutjipto. Sebab, Terminal B berpotensi adanya penyebaran Corona karena menjadi pintu kedatangan internasional.

"Bandara sebagai salah satu pintu utama pergerakan orang dari suatu wilayah ke wilayah lainnya. Sehingga ini menjadi salah satu fokus kami saat ini untuk memastikan kebersihan di area bandara, untuk mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19," kata Pandu kepada wartawan, Jumat (13/3).

Dalam kegiatan ini, sekitar 70 personel yang diturunkan untuk kegiatan ini. Tidak hanya dari PT Angkasa Pura I (Persero), kegiatan ini juga bekerja sama dengan pihak lain. Mulai dari Otoritas Bandara Wilayah III dan seluruh Komunitas Bandara Internasional Adisutjipto seperti TNI AU, Dinas Perhubungan DIY, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bea dan Cukai, Kantor Imigrasi Kelas Yogyakarta, Kantor Karantina Pertanian, Kantor Karantina Ikan,seluruh Maskapai dan Ground Handling.

"Kegiatan ini juga dalam rangka menjaga kenyamanan pengguna jasa bandara dan seluruh personil yang bertugas," ujar Pandu.

Upaya untuk mengantisipasi penyebaran corona melalui Adisutjipto pini sudah dilakukan sejak 31 Januari 2020 lalu. Bahkan, sebelum Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya kasus pertama positif corona di Indonesia.

Adisutjipto sendiri juga telah membukan Posko Waspada 2019nCovid bersama Dinas Pariwisata DIY dan KKP. Termasuk menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer bagi seluruh pengguna jasa bandara dan petugas bandara.

"Kami berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga seluruh area aman. Bersama dengan seluruh komunitas bandar udara, kami telah menerapkan upaya terbaik dalam memitigasi potensi penyebaran virus corona di area bandara," jelasnya.

Selain itu, alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner di kedatangan internasional dan domestik. Hal ini sebagai langkah untuk mendeteksi kondisi kesehatan penumpang yang baru saja tiba melalui Adisutjipto.

"Tidak hanya pemeriksaan, KKP juga telah memberlakukan Health Alert Card sebagai acuan alur perjalanan dan riwayat kondisi kesehatan terakhir yang dialami oleh setiap penumpang," ujar Pandu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement