Jumat 13 Mar 2020 17:14 WIB

Mahasiswa Teknik UGM Dominasi Kompetisi Desain Nasional

Mereka bersaing dengan 20 tim di babak penyisihan berupa seleksi proposal.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
Universitas Gadjah Mada(en.wikipedia.org)
Foto: en.wikipedia.org
Universitas Gadjah Mada(en.wikipedia.org)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim Mahasiswa Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses mendominasi perolehan juara di ajang Design-Tender Competition ICEE 2020. Kompetisi digelar 31 Januari-2 Februari 2020 lalu.

Dalam kompetisi itu, Tim Gama Bliss berhasil menjadi juara satu, sedangkan Tim Gama Karya berhasil menjadi juara dua. Kedua tim itu sendiri kebetulan berada di bawah bimbingan Dr Latif Budi Suparma.

Baca Juga

Tim Gama Bliss terdiri dari Farkhan Adiyanto, M Fachri Pratama dan Satria Bagas Saputra. Sementara, Tim Gama Karya terdiri dari Rahmat Musyawir, Leon Tandela, dan Muhammad Lailal Muharromi.

Dari Gama Bliss, Farkhan menjelaskan, kompetisi diikuti tim-tim mahasiswa Departemen Teknik Sipil berbagai universitas di Tanah Air. Sebelum jawara, mereka bersaing dengan 20 tim di babak penyisihan berupa seleksi proposal.

Selanjutnya, mereka berkompetisi bersama empat tim-tim lain di babak final. Ada Kuya Huso dari ITB, Kuya Ambis dari ITB, Gama Karya dari UGM, dan Mada Logawa dari Universitas Jember.

"Di final kami memamparkan proposal penawaran yang meliputi desain overlay, metode kerja, penjadwalan dan estimasi biaya yang telah dibuat sebelumnya mengenai Overlay Runway Bandara Husein Sastranegara," kata Farkhan, Kamis (12/3).

Di sisi lain, Tim Gama Karya dalam kompetisi ini membawakan inovasi metode rantai pasok atau supplay chain. Terintegrasi dari hulu ke hilir dalam proyek Overlay Bandar Udara Husein Sastranegara, yang sukses jadi juara dua.

Design-Tender Competition ICEE 2020 sendiri digelar Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Bandung. Menjadi ajang untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam mendesain, merencanakan dan mengestimasi proyek dalam bentuk proposal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement