Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Warga Ciamis Gelar Istighatsah Hadapi Corona

Jumat 13 Mar 2020 14:28 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani

Ribuan warga Kabupaten Ciamis menggelar istigosah di Alun-alun Ciamis, Jumat (13/3)(Dok Istimewa )

Ribuan warga Kabupaten Ciamis menggelar istigosah di Alun-alun Ciamis, Jumat (13/3)(Dok Istimewa )

Foto: Dok Istimewa
Masyarakat Kabupaten Ciamis untuk berdoa meminta perlindungan kepada Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Ribuan warga Kabupaten Ciamis menggelar istighatsah di Alun-alun Ciamis pada Jumat (13/3). Kegiatan itu dilakukan sebagai sarana berdoa untuk menghadapi virus corona jenis baru (Covid-19) yang mulai menyebar di Indonesia.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, saat ini masyarakat dunia mulai khawatir akan penyebaran virus corona. Bahkan, dia melanjutkan, berdasarkan pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap orang di mana pun dapat terserang virus tersebut. Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis untuk berdoa meminta perlindungan kepada Allah.

"Ketika menghadapi musibah atau bencana, hendaknya kita mengedepankan olah pikir dan olah zikir," kata dia dalam sambutannya, Jumat (13/3).

Ia menjelaskan, olah pikir dapat menghasilkan cara menghadapi, mengantisipasi, bahkan mencegah penyebaran virus corona. Sementara itu, olah zikir berguna agar setiap manusia terus mengingat Tuhan dan selalu meminta perlindungan-Nya.

Dalam kegiatan itu, Herdiat juga meminta warganya untuk selalu menjaga keharmonisan di antara sesama. Selain itu, ia juga meminta warga menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta rutin memeriksakan kondisi kesehatan diri.

"Rajin cuci tangan dengan sabun dan hindari kontak dengan daerah yang terkena dampak virus corona," kata dia.

Tak hanya itu, Herdiat juga mengimbau warganya untuk tidak menyebarkan berita bohong (hoaks) atau informasi yang belum terkonfirmasi terkait virus korona. Hal itu, kata dia, hanya akan meresahkan masyarakat.

Terkahir, ia meminta warga memperbanyak amal ibadah dan ketakwaan kepada Allah. "Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA