Jumat 13 Mar 2020 11:19 WIB

Liga Inggris Mungkin Dihentikan Sementara Akhir Pekan Ini

Kasus Arteta bisa memaksa Liga Inggris membatalkan laga-laga pada akhir pekan ini.

Logo Liga Primer Inggris. Kompetisi Liga Primer Inggris berpeluang dihentikan sementara akhir pekan ini akibat virus corona. (premierleague.com)
Foto: premierleague.com
Logo Liga Primer Inggris. Kompetisi Liga Primer Inggris berpeluang dihentikan sementara akhir pekan ini akibat virus corona. (premierleague.com)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kompetisi Liga Primer Inggris berpeluang dihentikan sementara akhir pekan ini. Hal ini menyusul pertandingan Brighton menjamu Arsenal yang ditunda akibat pelatih Arsenal, Mikel Arteta, positif terjangkit virus corona atau covid-19.

Lapangan latihan Arsenal Colney Training center ditutup dan para pemain serta staf akan diisolasi menyusul diumumkannya hasil tes Arteta. Kurang dari satu jam setelah Arsenal mengungkapkan penyakit Arteta, Brighton mengumumkan bahwa pertandingan melawan Arsenal di Stadion Amex dibatalkan.

Baca Juga

"Hal yang utama adalah kesehatan setiap orang, dan dengan dasar itu maka pertandingan Sabtu ditangguhkan," kata Direktir Eksekutif Brighton Paul Barber dalam pernyataannya dikutip AFP, Jumat (13/3). "Kami minta maaf pada penggemar untuk ketidaknyamanan ini. Namun semua orang akan mengerti, kami menghadapi situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal yang pertama dan utama adalah pemikiran kami tertuju pada Mikel Arteta dan kami mendoakan ia segera pulih."

Liga Primer Inggris, yang awalnya menegaskan semua pertandingan akhir pekan ini akan tetap dimainkan, merespon dengan mengatakan akan melakukan pertemuan darurat Jumat ini untuk mendiskusikan penanganan dampak virus corona terhadap agenda kompetisi.

Sementara, Arteta mengaku sangat kecewa. "Saya melakukan tes setelah merasa kurang sehat. Saya akan bekerja sesegera mungkin setelah saya mendapat izin."

Terdapat 590 kasus virus corona yang telah terkonfirmasi di Britania Raya, dan sejauh ini virus tersebut telah menelan 10 korban jiwa. Perdana Menteri Britania Boris Johnson mengatakan, pemerintah mempertimbangkan permintaan untuk melarang semua acara publik termasuk pertandingan-pertandingan olahraga.

Sakitnya Arteta dapat memaksa Liga Inggris membatalkan pertandingan-pertandingan pada akhir pekan ini, dan kemungkinan untuk beberapa waktu mendatang.

Di Italia, negara Eropa dengan dampak virus corona paling parah, Serie A Liga Italia telah menangguhkan pertandingan setidaknya sampai 3 April. Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) akan mempertimbangkan apakah pihaknya akan menunda Liga Champions dan Piala Eropa 2020 pada pertemuan pekan depan.

Seluruh pertandingan Liga Prancis akan dimainkan tanpa penonton sampai 15 April. Di Spanyol, dua pertandingan La Liga Spanyol telah dibatalkan. Sedangkan di pertandingan-pertandingan Bundesliga Jerman pada akhir pekan ini akan dimainkan tanpa kehadiran penonton.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement