Kamis 12 Mar 2020 16:08 WIB

Terawan: Tiga Pasien Corona Sembuh

Menkes Terawan menyebut tiga pasien corona dinyatakan sembuh secara lab dan klinis.

Rep: Antara, Zainur Mashir Ramadhan/ Red: Andri Saubani
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak tiga pasien positif infeksi saluran pernafasan karena COVID-19 resmi dipulangkan setelah dinyatakan sembuh total, pada Kamis (12/3). Hal itu dikatakan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam konferensi pers di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta Timur.

"Ada tiga dinyatakan sembuh baik dari sisi laboratorium dan klinis," kata Terawan.

Baca Juga

Berbeda dengan RSUP Persahabatan, Direktur utama RSPI Sulianti Suroso, Muhammad Syahril menyatakan, pemulangan dua pasien yang sebelumnya Covid-19 yang sudah sembuh ditunda. Sebab, berdasarkan hasil laboratorium, dua pasien kasus no 10 dan 03 itu, masih belum menunjukan hasil negatif untuk kedua kalinya.

“Tadi mau dipulangkan sekarang, tapi lab masih belum berhasil, jadi (pemulangan) masih harus menunggu sampai ada hasil negatif,” ujar dia ketika ditemui Republika di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Kamis (12/3).

Menurut, Syahril, pemulangan akan langsung dilakukan jika hasil negatif kedua telah keluar. Sambungnya, hasil lab tersebut diperkirakan akan keluar besok, Jumat (13/3).

 

Dia menegaskan, dua pasien yang disebut negatif itu, merupakan dua dari sembilan pasien isolasi di RSPI. Jumlah tersebut, kata dia, berkurang satu setelah sebelumnya satu pasien meninggal.

 

“Itu karena sakit berat, dan ketika dibawa ke sini sudah menggunakan ventilator,” kata dia.

 

Dia melanjutkan, kasus no 3 dan 10 belum bisa dinyatakan positif untuk sekarang, setelah sebelumnya negatif. Sebab, pola dari virus yang disebut Covid-19 itu masih belum diketahui kecenderungannya.

“Bisa positif lagi atau bisa negatif, dan kita akan terus waspada. Kalau positif lagi tak boleh keluar dari isolasi. Mereka menunjukkan negatif baru sekali,” ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement