Kamis 12 Mar 2020 14:50 WIB

Pentingnya Mengaktifkan Fitur Password Auditing, Apa Itu?

Password auditing dapat melindungi pengguna dari risiko serangan siber.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Password auditing dapat melindungi pengguna dari risiko serangan siber (Foto: ilustrasi penggunaan ponsel)
Foto: Piqsels
Password auditing dapat melindungi pengguna dari risiko serangan siber (Foto: ilustrasi penggunaan ponsel)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian pengguna ponsel pintar dan pekerja kantoran mungkin cukup sering menggunakan email atau surel untuk berkomunikasi dan berbagi informasi-informasi penting. Tentu, tak ada satu pun orang yang ingin informasi-informasi penting dan pribadi dalam surel mereka bocor ke publik akibat peretasan.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan surel. Salah satunya adalah dengan membuat kata sandi yang kuat, rumit dan tidak pernah digunakan sebelumnya.

Baca Juga

Akan tetapi, ada banyak aplikasi dan situs yang saat ini membutuhkan kata sandi dari pengguna. Kondisi ini membuat cukup banyak orang menggunakan kata sandi yang sama untuk masuk ke berbagai aplikasi atau situs.

Alasannya, cukup sulit untuk membuat kata sandi yang benar-benar kuat, rumit dan tidak pernah digunakan sebelumnya untuk setiap aplikasi dan situs yang ingin dimasuki. Di sisi lain, penggunaan kata sandi yang sama untuk berbagai aplikasi dan situs dapat membuat pengguna rentan terhadap password reuse attack atau serangan peretasan akibat penggunaan kata sandi yang sama untuk berbagai aplikasi dan situs.

Untungnya, ada fitur pengaturan pada ponsel pintar yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga keamanan informasi-informasi penting dan pribadi pada surel. Ahli keamanan siber bahkan menilai tiap pengguna surel perlu segera mengaktifkan pengaturan ini.

Pengaturan ini bisa ditemukan pada ponsel dengan sistem operasi iOS 12. Sistem operasi ini menawarkan sebuah fitur baru bernama password auditing.

Password auditing merupakan sebuah fitur yang dapat memberikan peringatan setiap kali pengguna membuat kata sandi yang sebelumnya sudah pernah digunakan. Menurut laman Tech Crunch, Kamis (12/3), password auditing dapat melindungi pengguna dari risiko serangan-serangan peretasan akibat penggunaan kata sandi yang sama berulang kali.

"(Password auditing) mencegah password reuse attack (yang dikenal sebagai credential stuffing) yang digunakan peretas untuk masuk ke berbagai situs dan layanan dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang sama," jelas laman Tech Crunch seperti dilansir She Finds.

Password auditing cukup mudah untuk diaktifkan. Pengguna ponsel dengan sistem operasi iOS 12 cukup pergi ke menu Setting > Passwords & Account > Website & App Password. Setelah itu, cukup masukkan passcode.

Anda akan melihat simbol peringatan kecil di samping setiap akun yang mengenali adanya penggunaan kata sandi berulang. Satu tap pada tombol Ubah Password di Website dan Anda telah selesai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement