Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

BPJS Kesehatan Padang Sediakan Pelayanan Gerai Keliling

Kamis 12 Mar 2020 12:35 WIB

Red: Gita Amanda

BPJS Kesehatan Padang sediakan gerai keliling. Foto kantor BPJS Kesehatan, (ilustrasi).

BPJS Kesehatan Padang sediakan gerai keliling. Foto kantor BPJS Kesehatan, (ilustrasi).

Foto: Antara/Nova Wahyudi
Gerai tersebut ditempatkan di daerah yang jauh dari kota.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Padang menggagas program jemput bola lewat layanan gerai keliling menggunakan mobil guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat yang aksesnya jauh dari kantor BPJS Kesehatan.

"Gerai layanan keliling melayani pendaftaran peserta, informasi tagihan iuran dan menerima penitipan pembayaran iuran, pengurusan turun kelas dan pemberian informasi pelayanan peserta JKN-KIS," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang Rizka Adhiati di Padang, Sumbar, Kamis (12/3).

Ia menjelaskan untuk teknis pembayaran iuran peserta akan diberikan kuitansi oleh petugas, sesampainya di kantor langsung ditransfer ke virtual acount. “Gerai tersebut ditempatkan di daerah yang jauh dari kota dan ramai dikunjungi masyarakat sekitar," kata dia.

Di Pasar Belimbing dan Kantor Camat Koto Tangah akan hadir pada tanggal 3,10, 17, 24 dan 31 Maret 2020. Sedangkan di Pasar Bandar Buat dan Kantor Kelurahan Dadok Tunggul Hitam akan hadir pada 4,11, 18 Maret 2020. Kemudian di depan SDN 16 Balai Gadang Koto Tangah dan Kantor Camat Padang Selatan akan hadir pada 5,12, 19 dan 26 Maret 2020.

Tidak hanya itu di Kabupaten Pesisir Selatan akan hadir di Kantor Camat Air Pura pada 16 Maret 2020, Puskesmas Indrapura 17 Maret 2020 dan Puskesmas Balai Selasa 18 Maret 2020. Ia menambahkan pelayanan diberikan pada jam kerja yaitu pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Sebelumnya warga Lubuk Buaya Padang Diki mengaku terbantu dengan kehadiran layanan mobil keliling BPJS Kesehatan. Pria yang berprofesi sebagai salesman tersebut sudah lama hendak mengurus kartu bar bagi putranya namun belum sempat karena kesibukan dan kantor BPJS Kesehatan yang cukup jauh dari rumahnya.

Saat ia sedang melintas di Pasar Belimbing di persimpangan jalan ia melihat mobil minibus dengan spanduk Layanan Mobil Keliling BPJS Kesehatan. Mobil yang terparkir di pojok salah satu minimarket tersebut terlihat ramai dikerumuni warga.

Diki pun langsung mengurus pindah klinik dan mendaftar peserta baru. Ia bersyukur dengan adanya mobil ini tidak perlu harus datang lagi ke kantor BPJS Kesehatan. "Ini sambil antar barang bisa sekalian mengurus tak perlu antre lama,"ucapnya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA