Kamis 12 Mar 2020 16:12 WIB

Puasa dan Alquran Menjadi Syafaat Bagi yang Mengamalkan

Puasa dan Alquran bisa menjadi syafaat.

Puasa dan Alquran Menjadi Syafaat Bagi yang Mengamalkan. Foto: Umat muslim bertadarus membaca Alquran pada malam pertama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah di Masjid Syuhada Lhokseumawe, Aceh, Minggu (5/5/2019) malam. (Antara/Rahmad)
Foto: Antara/Rahmad
Puasa dan Alquran Menjadi Syafaat Bagi yang Mengamalkan. Foto: Umat muslim bertadarus membaca Alquran pada malam pertama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah di Masjid Syuhada Lhokseumawe, Aceh, Minggu (5/5/2019) malam. (Antara/Rahmad)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Puasa dan Alquran bisa memberikan syafaat bagi orang yang mengerjakannya. Hal ini berdasarkan hadits nabi yang berbunyi:

 

Baca Juga

عَنْ عَبْدِاللهِ بِنِ عُمَرَوَ رَضَىَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصّـِيَامُ وَالقُرْآنُ يَشْفَعَانِ للِعَبْدِ، يَقُوْلُ الصّـيِامُ رَبِّ أِنّي مَنَعْتُهُ الطَّعَامَ والشَّرابَ في النَّهارِ فَشَفِّعنِيْ فِيهِ، وَيَقُوْلُ القُرْآنُ رَبِّ اِنّيِ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِاللّيْلِ فَشَفِّعني فِيهِ فَيُشَفَّعَاَنِ. (رواه أحمد وابن ابي الدنيا والطبراني في الكبير والحاكم وقال صحيح على شرط مسلم).

Dari Abdullah bin Amr RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Shaum dan Alquran akan memberi syafaat bagi hamba (yang mengerjakannya). Shaum akan memohon, ‘Ya Allah, aku akan menghalanginya dari makan dan minum pada siang hari, maka terimalah syafaatku ini untuknya.’ Dan Alquran berkata, ‘Ya Allah, aku telah menghalangi dari tidur pada malam hari, maka terimalah syafaatku ini untuknya.’ Akhirnya kedua syafaat itu diterima.” (HR Ahmad, Ibnu Abi Dunya, dan Thabrani)

 

Maulana Muhammad Zakariyya Al Khandahlawi, dalam kitabnya yang berjudul Fadhilah Amal, menjelaskan, dalam kitab at Targhib ini ditulis dengan tha’am dan syarab yang artinya makan dan minum, sebagaimana terjemahan di atas. Tetapi dalam riwayat Hakim kata syarab ditulis syahwat, yaitu tha’am dab syahwat yang berarti bahwa shaum itu menahan diri dari makan dan kesenangan nafsu.

"Hadits ini mengisyaratkan bahwa orang yang bershaum hendaklah menjauhkan diri dari kesenangan nafsu, walaupun hal itu dibolehkan, seperti bermesraan dengan istri dan menciumnya," kata Maulana Zakariyya.

Maulana Zakariyya menyebutkan, sebuah riwayat menyebutkan bahwa Alquran akan datang dalam bentuk seorang pemuda, lalu berkata, “Akulah yang membuatmu bangun pada malam hari dan membuatmu haus pada siang hari.” Hadits ini menyatakan bahwa seseorang hafizh Alquran hendaknya bangun pada malam dan membaca Alquran dalam tahajudnya, sebagaimana telah dijelaskan hal ini dalam berbagai ayat, misalnya:

 وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

 

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (Qs. Al Isra [7] :79)

Ayat lainnya:

 وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَٱسْجُدْ لَهُۥ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

 

"Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari."  (Qs. Al Insan 76]:26)

Ayat lainnya:

لَيْسُوا۟ سَوَآءً ۗ مِّنْ أَهْلِ ٱلْكِتَٰبِ أُمَّةٌ قَآئِمَةٌ يَتْلُونَ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ ءَانَآءَ ٱلَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ

 

"Mereka itu tidak sama; di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang).” (Qs. Ali Imran [3] :113)

وَٱلَّذِينَ يَبِيتُونَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَقِيَٰمًا

 

"Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka." (Qs. Al Furqan [25] :64)

Maulana Zakariyya menyebutkan, sebuah hadits meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW dan para sahabat pada seluruh malamnya sering sibuk dengan membaca Alquran. Diriwayatkan bahwa Utsman RA  kadangkala mengkhatamkan seluruh Alquran hanya dalam satu rakaat shalat Witir. Abdullah bin Zubair RA sering mengkhatamkan Alquran dalam satu malam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement