Rabu 11 Mar 2020 19:23 WIB

Jonatan Christie Kecewa dengan Kekalahan Perdana dari Lee

Jonatan akan berkonsultasi dengan pelatih beserta tim yang ada di Indonesia.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.
Foto: Galih Pradipta/Antara
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kekalahan yang dialami Jonatan Christie di babak pertama All England Open 2020, Rabu (11/3), dari wakil Malaysia Lee Zii Jia memberikan rasa kecewa yang mendalam bagi wakil Indonesia di nomor tunggal putra tersebut. Atlet peraih medali emas Asian Games 2018 ini langsung terhenti di babak pertama dengan kekalahan dua gim langsung 15-21, 13-21 dari Lee.

"Pertama pastinya saya kecewa sekali. Dari terakhir main waktu di BATC (Badminton Asia Team Championships 2020), saya feeling-nya tidak enak, tidak dapet, auranya seperti sedikit hilang. Sebenarnya setelah dua pekan habis pertandingan itu, saya semaksimal mungkin mengembalikan aura, mood, dan daya juang. Karena masih benar-benar hilang, kepercayaan diri pun tidak ada," kata Jonatan dalam kutipan wawancara dengan PP PBSI, Rabu.

Kekalahan ini menjadi yang pertama kalinya untuk Jonatan dari Lee. Sebelumnya dalam empat kali pertemuan, Jonatan selalu mengatasi lawannya itu dengan sukses.

"Kemarin saat latihan sebenarnya sudah cukup membaik. Cuma tidak tahu kenapa masih terbayang dan teringat lagi kejadian di BATC. Saya juga masih bingung, kenapa gara-gara satu pertandingan itu kemarin, jadi bisa seperti ini terus. Saya sangat kecewa dengan penampilan saya. Apalagi, sekelas All England, seharusnya permainan saya tidak seperti itu," kata Jonatan.

Permainan Jonatan hanya bisa keluar di awal gim pertama. Ia sempat beberapa kali unggul tipis dari Lee. Namun, menyentuh angka 9-9, Jonatan akhirnya harus tertinggal lawan dan kalah 15-21.

Beranjak ke gim kedua, penampilan Jonatan tak juga membaik. Ia bahkan harus ketinggalan 0-8 di awal. Tertinggal jauh, Jonatan pun kesulitan mengejar angka, ditambah ia sulit melepas dari kendali permainan yang sudah dikuasai Lee.

"Saya sudah berusaha keluar dari pikiran itu, tapi masih terus terbayang dan jadi ragu-ragu. Pukulan saya jadi mengambang. Sebenarnya saya sudah persiapkan strategi untuk menghadapi lawan. Cuma di tengah-tengah fokusnya hilang lagi, pola permainan jadi tidak berjalan. Itu paling terasa," kata Jonatan.

Setelah pertandingan ini, atlet dari PB Tangkas tersebut mengaku akan berkonsultasi dengan pelatih beserta tim yang ada di Indonesia, dengan tujuan mencari solusi agar penampilannya tidak lagi terpuruk. Tunggal putra Indonesia saat ini masih memiliki tiga wakil yang belum bertanding, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, dan Tommy Sugiarto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement