Rabu 11 Mar 2020 16:17 WIB

Kasus Corona ke-27 Periksa Sendiri ke RS

Pasien kasus 27 berinisiatif memeriksakan diri setelah merasa tak enak badan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto menyebut pasien kasus 27 diketahui positif terjangkit virus corona setelah berinisiatif memeriksakan sendiri kondisinya ke rumah sakit setelah merasa tak sehat.

"Iya (berobat sendiri). Dia merasa tidak enak (badan)," ujar Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/3).

Pemerintah sendiri belum mengetahui secara pasti sumber penularan pasien kasus 27 ini. Namun, Yurianto memastikan pemerintah akan terus melakukan pelacakan kontak terdekat pasien pria berusia 33 tahun ini.

"Tetapi kontak dekatnya keluarga dan sebagainya sudah kita pastikan dan beberapa kali kita periksa negatif tapi tetap kita lakukan. Dari awal tadi saya kasih tahu memang sulit melaksanakan tracing ini tetapi tetap harus kita lakukan," jelas dia.

Kasus ke-27 ini terindikasi tak memiliki riwayat perjalanan ke negara episentrum covid-19. Artinya, pasien tersebut tertular virus ini di dalam negeri. Pemerintah pun belum dapat mengaitkan kasus ini secara langsung dengan kasus positif yang sudah ada.

"Transmisi lokal karena kita tidak bisa mengaitkan dengan kasus positif yang sudah ada, sehingga kita menuliskannya dalam kerangka kerja adalah local transmission," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement