Rabu 11 Mar 2020 02:45 WIB

Media Lokal Inggris Minta Maaf Menyinggung Komunitas Islam

Media Lokal Inggris salah menulis kata Islamis yang berkonotasi negatif

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Muslim Inggris berkumpul (ilustrasi). Colchester Daily Gazzette menyampaikan permintaan maaf karena telah menggunakan istilah yang salah terhadap pusat komunitas Islam
Foto: BBC
Muslim Inggris berkumpul (ilustrasi). Colchester Daily Gazzette menyampaikan permintaan maaf karena telah menggunakan istilah yang salah terhadap pusat komunitas Islam

REPUBLIKA.CO.ID, 

ESSEX -- Media Daily Gazette menyampaikan permintaan maaf karena telah menggunakan istilah yang salah terhadap pusat komunitas Islam. Sebelumnya Daily Gazette menyebut komunitas Islam sebagai 'Islamis' yang merujuk pada kelompok militansi dan fundamentalis.

Istilah 'Islamis' muncul dalam cerita tentang rencana mengubah kedai minuman menjadi pusat komunitas Islam. Tapi sejumlah orang protes dan menentang rencana tersebut.

Tapi kalimat 'pusat Islamis' pada berita Daily Gazette menuai protes. Ada yang mengeluh kepada Organisasi Standar Pers Independen dari Shoomi Chowdhury. Mereka mengatakan bahwa Daily Gazette telah melanggar Klausul 1 (Akurasi) dan Klausul 12 (Diskriminasi) dari Kode Praktik Editor.

Dalam komplainnya, Shoomi Chowdhury mengatakan bahwa istilah 'Islamis' secara luas dipahami merujuk pada ekstremis yang kejam. Sehingga tidak akurat bila digunakan untuk menggambarkan pusat komunitas Islam.

Daily Gazette mengakui kesalahannya yang disebabkan oleh seorang jurnalis. Daily Gazette bahkan menyampaikan bahwa mereka sangat marah atas kesalahan yang dilakukan jurnalisnya.

Mereka telah berbicara kepada reporter dan editor untuk memastikan kesalahan serupa tidak terulang. Sebelumnya, Daily Gazette juga telah menerbitkan berita koreksi.

"Kami mohon maaf atas kesalahan besar ini, kami telah menerima banyak keluhan dari berbagai komunitas, kami ingin mengklarifikasi Islamic Community Center adalah sebuah komunitas dan organisasi yang berpusat pada keluarga yang karyanya selalu berkontribusi positif bagi masyarakat," kata Daily Gazette, dilansir dari Hold The Front Page, Selasa (10/3).

Daily Gazette juga menawarkan menulis artikel lanjutan untuk dipublikasikan asalkan masalah selesai. Karena itu Organisasi Standar Pers Independen menghentikan penyelidikannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement