Selasa 10 Mar 2020 18:17 WIB

Nasib Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditentukan Jumat

Hingga saat ini proyek tersebut masih dihentikan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
Suasana aktivitas di proyek kereta cepat (High Speed Railway) Jakarta-Bandung di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/2/2020).(Antara/Fakhri Hermansyah)
Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Suasana aktivitas di proyek kereta cepat (High Speed Railway) Jakarta-Bandung di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/2/2020).(Antara/Fakhri Hermansyah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Keselamatan Konstruksi (K3) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih terus mengevaluasi nasib kelangsungan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Hingga saat ini proyek tersebut masih dihentikan sementara pembangunannya sejak 2 Maret 2020 hingga dua pekan setelahnya.

"Kita akan cek lagi Jumat (13/3). Keputusannya Jumat. Nanti akan evaluasi dengan bersama K3," kata Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian di Gedung Kementerian PUPR, Selasa (10/3).

Hedy menuturkan, Selasa (10/3), sudah melakukan pertemuan dengan PT Kereta Cepat Indonesia China untuk membahas kelangsungan proyek tersebut. Hedy menuturkan sudah memberikan sejumlah catatan kepada KCIC.

 

Dari catatan yang sudah dibahas, beberapa diantaranya yakni pengaturan aliran air, pembersihan ruas jalan, dan managemen konstruksinya. Begitu juga dengan pengaturan keluar masuk truk di dalam proyek, hingga pembangunan pagar seagai bagian dari proteksi.

Hedy mengakui saat ini KCIC sudah melakukan beberapa perbaikan namun Kementerian PUPR meminta beberapa hal untuk menjadi diperhatikan. "Makanya nanti Jumat kita cek. K3 sudah memberikan beberapa catatan, apakah nanti akan di hold atau tidak," ungap Hedy.

Dia memastikan, batas waktu penundaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung hingga Ahad (15/3). Jika sampai batas waktu tersebut KCIC belum melakukan perbaikan sesuai ketentuan Kementerian PUPR proyek tidak dapat dilangsungkan.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga meminta KCIC menindaklanjuti rekomendasi Komite Keselamatan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Khususnya terkait pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra mengatakan sudah melakukan langkah-langkah untuk menindaklanjuti catatan dari Komite Keselamatan Konstruksi. Chandra menjelaskan langkah-pangkah yang dilakukan antara lain menertibkan kontraktor dalam penggunaan bukaan maupun akses kerja di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek. Khususnya di kilometer tujuh, sembilan, 10, 14,15, 16, 30, 31, 33, 34,129, dan 141.

"Setiap bukaan jalan tol dilengkapi dengan rambu-rambu seperti, hose lamp, rotary lamp, safety fence, flagman, tire wash area, dan traffic control zone," kata Chandra dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika, Rabu (4/3).

Dia memastikan KCIC juga melakukan pemompaan air pada saluran drainase, pembersihan saluran drainase, dan penumpukan material. Khususnya, kata Chandra, pada lokasi yang sempat tergenang air, dan membuat temporary drainase untuk mencegah terjadinya genangan air di jalan tol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement