Selasa 10 Mar 2020 17:22 WIB

Warga Hilang Tiga Hari Ditemukan Meninggal di Sungai

Warga Banyumas hilang tiga hari ditemukan meninggal di sungai

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Christiyaningsih
Warga Banyumas hilang tiga hari ditemukan meninggal di sungai. Ilustrasi.
Foto: 108jakarta
Warga Banyumas hilang tiga hari ditemukan meninggal di sungai. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Hilang selama tiga hari, Sutarno (53), warga Desa Suro Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas, akhirnya ditemukan pada Selasa (10/3). Namun korban ditemukan sudah dalam keadaan meninggal karena hanyut di sungai.

"Jenazah korban ditemukan di Sungai Serayu bawah Jembatan KA Desa Gambarsari Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas," jelas Koordinator Tagana Banyumas, Ady Candra.

Baca Juga

Dia menyebut korban sebelumnya dinyatakan hilang sejak Ahad (8/3) siang. Saat itu, keluarga tidak mengetahui korban pergi ke mana. "Korban pergi dari rumah siang hari, namun hingga menjelang Maghrib korban tidak juga pulang," jelasnya.

Pihak keluarga sempat menghubungi keluarga anaknya yang tinggal di desa lain. Namun semua anak-anaknya mengaku tidak melihat korban. Belakangan, tetangga korban memberi tahu ada yang melihat pakaian korban tergeletak di pinggir Sungai Klawing yang mengalir di Desa Suro dan bermuara di Sungai Serayu.

 

Karena curiga korban hanyut di sungai, keluarga korban langsung memberitahukan kejadian tersebut pada pemerintah desa Suro. Laporan kemudian diteruskan ke Polsek, BPBD, dan unsur SAR kabupaten setempat.

Upaya pencarian baru mulai dilakukan Ahad pagi dengan melibatkan beberapa elemen SAR. "Pencarian kami lakukan dengan menyusuri Sungai Klawing dan Serayu menggunakan perahu karet. Namun hingga Senin kemarin, upaya pencarian tidak membuahkan hasil," jelas Ady Candra.

Saat pencarian pada Selasa (10/3), tim SAR mendapat informasi adanya warga yang melihat jenazah mengambang di Sungai Serayu wilayah Desa Tumiyang Kecamatan Kebasen. Berdasarkan informasi tersebut, petugas langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi.

Namun saat Tim SAR sampai di lokasi, jenazah yang hanyut sudah bergeser terbawa arus dan tersangkut di bawah jembatan kereta api Desa Gambarsari Kecamatan Kebasen. Tim SAR Gabungan segera melakukan evakuasi dengan membawa jenazah tersebut ke pinggir Sungai Serayu wilayah Desa Tambaknegara.

"Dari hasil identifikasi diketahui jenazah tersebut memang jenazah Sutarno yang hanyut sejak tiga hari lalu," jelas Ady. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Tim Inafis Polres Banyumas dan pihak RSU Margono Soekjaryo dan dipastikan korban meninggal karena tenggelam, jenazah dikembalikan pada keluarga korban untuk dimakamkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement