Selasa 10 Mar 2020 14:55 WIB

Festival Olahraga Tradisional Se-Babel Resmi Dibuka

warisan budaya harus dijaga dan dilestarikan secara terus menerus.

Gubernur Kep. Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman yang diwakili  oleh wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, secara resmi membuka Festival Olahraga Tradisional (FOT) tingkat Provinsi Kep. Babel tahun 2020, ditandai dengan pemukulan gong.
Foto: istimewa
Gubernur Kep. Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman yang diwakili oleh wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, secara resmi membuka Festival Olahraga Tradisional (FOT) tingkat Provinsi Kep. Babel tahun 2020, ditandai dengan pemukulan gong.

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG TIMUR -- Gubernur Kep. Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman yang diwakili  oleh wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, secara resmi membuka Festival Olahraga Tradisional (FOT) tingkat Provinsi Kep. Babel tahun 2020, ditandai dengan pemukulan gong.

Abdul Fatah berharap agar generasi muda selalu menjaga marwah seni budaya olahraga tradisional  yang merupakan warisan nenek moyang bangsa. Hal ini disampaikan saat membuka FOT secara resmi sekaligus welcome party bersama peserta FOT, Senin (9/3) malam, di GSG Manggar, Pemkab. Belitung timur.

Abdul Fatah merasa senang dan bangga berada di tengah generasi muda pewaris seni budaya bangsa. Pasalnya, generasi muda adalah generasi penerus yang akan menjaga, memelihara, mewarisi, dan meneruskan warisan seni dan budaya, salah satunya dengan melalui FOT.

"Pewaris yang bijak adalah pewaris yang bisa menjaga dan memelihara warisan tersebut secara bijak. Siapakah orang itu? Orang itu adalah saudara-saudara semuanya generasi muda Babel," katanya seperti dikutip laman resmi Pemrov Bangka Belitung.

Wagub Abdul Fatah mengatakan, warisan budaya harus dijaga dan dilestarikan secara terus menerus. Oleh sebab itu, tunjukkan segala kemampuan dan kelebihan budaya yang dimiliki setiap daerah masing-masing.

"Untuk itu, kepada seluruh peserta FOT, tunjukkanlah. Lakukan secara serius dan benar, sehingga itu nantinya akan menjadi kebanggaan bagi saudara dan berhasil menjadi juara," katanya.

Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin, menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan FOT dan telah dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan FOT. "Selamat datang kepada seluruh kontingen di Belitung Timur, negeri 1001 warung kopi. Selaku tuan rumah, kami berkomitmen akan memberikan yang terbaik bagi kontingen seluruh peserta FOT," katanya.

Pemkab. Belitung Timur ingin terus melestarikan kesenian olahraga tradisional yang ada di Bumi Serumpun Sebalai. Menurutnya, generasi muda saat ini kurang berminat untuk belajar bermain olahraga tradisional. Pasalnya, para pelajar serta generasi muda saat ini terlalu sibuk dengan kegiataan permainan game yang ada di handphone (HP). "Kami berharap dengan adanya FOT dapat memberikan dampak positif  bagi generasi muda dan seluruh masyarakat Babel," tuturnya.

FOT tingkat Provinsi Kep. Babel diikuti oleh kontingen tujuh kabupaten/kota se-Babel, dengan jumlah peserta, atlet dan official sekitar 150 peserta, yang terdiri dari Kontingen Pangkalpinang 25 orang, Kab. Bangka 25 orang, Kab. Bangka Selatan 22 orang, Kab. Belitung 23 orang, Kab. Bangka Tengah 21 orang , Kab. Bangka Barat 14 orang, dan Kontingen Kab. Belitung Timur 20 orang.

"Juara favorit akan mendapat trofi dan yang berhasil meraih juara satu berhak mewakili Babel mengikuti FOT tingkat nasional pada bulan Agustus 2020 mendatang," katanya.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kep. Bangka Belitung, Suharto, mengatakan, pada bulan Agustus 2020 mendatang, Kabupaten Belitung Timur akan dikunjungi ribuan atlet olahraga tradisional. Sebab, Kab. Beltim dipercaya menjadi tuan rumah Festival Olahraga Tradisional (FOT) tingkat nasional.

"Saya berkeyakinan dengan adanya berbagai event nasional maka Babel akan terdongkrak sport tourismnya," katanya.

Tampak hadir saat acara pembukaan FOT, Wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung, Abdul Fatah;  Wakil Bupati Kab. Beltim, Burhanudin; Ketua DPRD Kab. Beltim, Fezzi Uktolseja; Kadiskepora Prov. Kep. Babel, Suharto; Ketua Harian Komite Permainan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) ) Kep. Babel, Tanwin beserta jajaran;  Kadiskepora Kab. Beltim, Mathur Novriansyah; Kadispora Kab. Belitung, Soebagio; Peserta FOT se-Babel, serta para tamu undangan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement