Selasa 10 Mar 2020 14:53 WIB

Ini Alasan Kucing Bisa Tidur Sangat Lama

Rata-rata, kucing bisa tidur sekitar 16 hingga 20 jam sehari.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Rata-rata, kucing bisa tidur sekitar 16 hingga 20 jam sehari (Foto: ilustrasi kucing tidur)
Foto: Pxhere
Rata-rata, kucing bisa tidur sekitar 16 hingga 20 jam sehari (Foto: ilustrasi kucing tidur)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi yang memiliki hewan peliharaan kucing, jangan heran bila binatang ini memiliki jam tidur yang sangat lama. Bahkan tidur siang kucing yang lama dan terlihat sangat nyenyak sudah diadopsi orang Mesir Kuno.

Menurut NASA, bagi kucing kemalasan adalah cara hidup. Saat kucing tidak makan, menggaruk, atau meminta untuk digaruk, mereka biasanya mengedipkan mata sekitar 40 kali, bahkan 60 kali atau 80 kali.

Baca Juga

Dilansir melalui southern living, Selasa (10/3), kucing sangat pandai beristirahat dengan baik. Bahkan, menurut situs web Animal Planet, kucing adalah salah satu raja tidur dibandingkan hewan lainnya.

Rata-rata, kucing bisa tidur sekitar 16 hingga 20 jam sehari. Kucing yang berusia lebih tua dan bayi kucing bisa tidur lebih lama.

Kemudian, kucing dalam ruangan cenderung lebih banyak tidur daripada kucing di luar ruangan. Alasannya, tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan dan lebih sedikit dikhawatirkan.

Alasan di balik begitu mudahnya kucing terlelap karena mereka berada di puncak rantai makanan. Artinya, mereka tak perlu khawatir dimakan saat tertidur.

Tidur siang juga membuat kucing bertenaga untuk mencari makan malam yang memerlukan banyak energi. Di alam liar, kucing makan makanan yang mengandung protein dan menetap untuk tidur siang lagi.

photo
Ilustrasi kucing tidur - (Pixabay)

Kucing tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam merumput seperti sapi atau memancing salmon keluar dari sungai seperti beruang. Bagi kucing, hidup sebagian besar merupakan siklus makan, tidur, makan, tidur, terus berulang.

Kucing rumahan tidak harus berburu makanan. Namun, kondisi itu tidak berarti mengubah naluri mereka. Kucing rumahan juga tidur sekitar 16 jam sehari, dengan jadwal yang cukup teratur.

Susunan genetika itu juga menjadi alasan mengapa kucing cenderung paling aktif di pagi hari dan selama jam-jam senja, ketika mereka secara naluriah siaga menunggu predator dan mangsa, bahkan jika mereka hidup di kondominium lantai 12. Sementara kucing tertidur, mereka tidak selalu tidur nyenyak.

Kucing tidur dengan satu mata terbuka. Ketika mereka tertidur lelap, kucing bisa bermimpi. Jika Anda pernah melihat kumis kucing atau cakar berkedut saat ia tertidur, ada kemungkinan ia sedang bermimpi.

Kucing dapat tidur lebih lama dari biasanya apabila mereka stres, cemas, atau bosan yang jauh lebih mudah untuk diperbaiki dan jauh lebih menakutkan daripada masalah medis. Kucing secara harfiah adalah makhluk kebiasaan yang hidup berdasarkan jadwal mereka.

Jika kucing Anda biasanya bangun jam 07.00 dan menuntut sarapan, tetapi dia baru muncul pukul 09.00, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Jika perilakunya berubah, kucing Anda mungkin mengalami masalah ringan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement