Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Dua Cawagub Temui Anies

Senin 09 Mar 2020 19:21 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan(Antara/M Risyal Hidayat)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan(Antara/M Risyal Hidayat)

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Riza dan Nurmansyah Lubis bersaing untuk memperebutkan kursi cawagub.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno, Ahmad Riza Patria dan Nurmansyah Lubis menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senin (9/3). Keduanyamenyerahkan persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti proses pemilihan cawagub.

Riza didampingi oleh pejabat DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik dan Syarif bertemu Anies terlebih dahulu di Balai Kota Jakarta.

Riza mengatakan, ia telah menyerahkan semua persyaratan administrasi termasuk surat pengunduran diri dari keanggotaan legislatif DPR RI dan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"Semuanya sudah diserahkan sesuai aturan, termasuk pengunduran diri dari DPR dan LHKPN, sekarang tinggal menunggu verifikasi," kata Riza di Balai Kota.

Setelah Riza, beberapa saat kemudian Nurmansyah Lubis bertemu Anies untuk menyerahkan syarat administrasi. Saat ditemui usai menyerahkan syarat administrasi, Nurmansyah mengatakan ia menyerahkan syarat administrasi mengingat Selasa (10/3) sudah batas akhir.

"Jadi hari ini kami serahkan semuanya. Berkasnya macam-macam syaratnya, ijazah, LHKPN, pajak, utang, surat pengadilan, surat kesehatan, surat bebas narkoba dan lainnya," kata Nurmansyah.

Nurmansyah mengaku tidak bertemu dengan Riza. Namun ia telah berbincang bersama Anies untuk berupaya maksimum mencari solusi yang sama-sama enak dan adil. "Untuk dukungan, pak Anies kan gubernur, harus independen dia," ujar Nurmansyah yang merupakan kader PKS tersebut.

Lebih lanjut, Nurmansyah mengatakan, ia siap untuk uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), namun tidak dengan mengajukan visi dan misi baru. "Yang disampaikan penajaman RPJMD, khususnya kegiatan strategi daerah. Fokusnya banjir, macet dan sampah," ucapnya.

Diketahui, untuk menggantikan Sandiaga Uno yang mundur karena mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019, ada dua nama yang bertarung dalam bursa pemilihan wagub DKI. Kedua yakni politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansyah Lubis dan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria.

Keduanya akan dipilih melalui sistem voting tertutup yang dilakukan legislator DKI. Namun sebelumnya, Nurmansjah dan Riza akan menjalani uji kepatutan dan kelaikan atau fit and proper test yang teknisnya akan dibahas kemudian oleh Panlih.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA