Senin 09 Mar 2020 16:05 WIB

Virus Corona, RSPI Rawat Satu Lagi Pasien dalam Pengawasan

Pasien baru RSPI miliki riwayat kontak dengan pasien positif corona.

Warga memeriksakan kesehatannya di Pos Pemantauan Virus Corona RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta, Kamis (5/3). (Republika/Putra M Akbar)
Foto: Republika/Putra M Akbar
Warga memeriksakan kesehatannya di Pos Pemantauan Virus Corona RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta, Kamis (5/3). (Republika/Putra M Akbar)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso telah menerima seorang pasien berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) pada Ahad (8/3). Saat ini jumlah pasien yang dipantau terkait virus corona atau Covid-19 di RS tersebut menjadi 10 orang.

"Pasien berjenis kelamin laki-laki, masuk ke RSPI pada jam 11 malam (23.00 WIB) melalui rujukan salah satu rumah sakit swasta setelah tiga hari dirawat. Dia ada riwayat perjalanan ke Jepang dan ada latar belakang kontak seperti pasien kasus 1," kata Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, saat konferensi pers di Jakarta, Senin (9/3).

Baca Juga

Dia menjelaskan, saat ini kondisi pasien nomor 10 secara umum baik meski dengan suhu tubuh yang sedikit panas dan disertai batuk. Pasien tersebut masih bisa berkomunikasi. Pasien nomor 10 ini pun sudah dirawat di dalam ruang isolasi.

"Gejalanya kurang lebih sama, seperti influenza ya, batuk, demam. Sudah tiga hari dia mengalami (kondisi) itu dari rumah sakit yang mengirim," katanya menjelaskan.

Dengan tambahan ini, total pasien berstatus PDP yang dirawat di RSPI sejauh ini menjadi enam orang. Selai itu, meurut Syahril, empat orang sudah dinyatakan positif Covid-19.

Lebih lanjut, Syahril menjelaskan, untuk penanganan PDP ke-10, rumah sakit akan memberikan perawatan yang disesuaikan dengan kondisi klinis dan standar tata laksana penyakit infeksi saluran pernapasan. Jika ditemukan infeksi bakteri (gejala sekunder) yang menyertai gejala Covid-19, pasien akan diberikan antibiotik atau infus.

Selain memaparkan situasi dan jumlah pasien di RSPI, Syahril juga menyebutkan terjadi penambahan jumlah pasien orang dengan pemantauan (ODP) di tingkat nasional. Sebelumnya, pada hari Ahad terdapat 585 ODP. Namun, pada Senin pagi jumlah tersebut melonjak menjadi 606 pasien ODP.

Saat ini enam orang telah dinyatakan positif Covid-19 di Indonesia setelah kasus 1 dan 2 diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada 1 Maret 2020. Seluruh pasien tersebut saat ini menjalani perawatan dan kondisinya cukup baik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement