Senin 09 Mar 2020 14:13 WIB

Empat Manfaat Minum Kopi yang Jarang Diketahui

Secangkir kopi dingin ternyata memiliki manfaat yang jarang diketahui.

Secangkir kopi memiliki efek positif lain bagi kesehatan yang jarang diketahui (Foto: ilustrasi kopi)
Foto: Hippopx
Secangkir kopi memiliki efek positif lain bagi kesehatan yang jarang diketahui (Foto: ilustrasi kopi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah minum kopi, tubuh akan merasakan adanya energi karena stimulan alami dalam kopi (kafein). Setelah minum kopi, mungkin kebanyakan orang tidak lagi merasa mengantuk.

Hal ini benar karena kafein pada kopi mampu memblokir neurotransmiter yang disebut adenosina, yang menghilangkan rasa ingin tidur, dan melepaskan neurotransmiter yang baik (dopamin dan norepinefrin). Selain itu, kopi juga merangsang sistem saraf pusat untuk melepaskan hormon (epinefrin).

Pelepasan hormon ini menandakan kerusakan sel-sel lemak yang membandel. Karena itu, tak heran bila kopi juga bisa menurunkan berat badan.

Dilansir melalui Askmen, Senin (9/3), sebuah studi baru dari School of Medicine Nottingham University menyebutkan, secangkir kopi dingin ternyata memiliki manfaat yang jarang diketahui. Berikut empat manfaat kesehatan dari minum kopi selain dapat menurunkan berat badan.

 

Turunkan risiko diabetes tipe 2

Ini adalah jenis diabetes yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Hal ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk mengeluarkan insulin yang cukup. Orang yang minum kopi dilaporkan bisa mengurangi secara signifikan risiko diabetes tipe 2 hingga hampir 23-50 persen.

 

Melindungi dari Alzheimer dan demensia

Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif dan salah satu penyebab utama demensia. Penyakit ini biasanya memengaruhi orang-orang yang berusia di atas 65 tahun. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan pada awal kehidupan Anda untuk mencegah penyakit ini terjadi. Makan makanan sehat dan berolahraga bisa sangat membantu. Peminum kopi memiliki risiko hingga 65 persen lebih rendah terkena penyakit alzheimer. Minum kopi membantu menstimulasi berbagai hormon yang dapat membantu mencegah Alzheimer.

 

Menurunkan risiko Parkinson

Setelah Alzheimer dan demensia, penyakit parkinson adalah penyakit neurodegeneratif kedua yang paling umum. Penyakit ini disebabkan ketika neuron otak berhenti memproduksi dopamin. Studi mengungkapkan bahwa minum kopi mengurangi kemungkinan mengembangkan parkinson 32-60 persen. Dalam hal ini, kafein sangat bermanfaat.

Dapat membantu dalam memerangi depresi

Depresi adalah gangguan mental serius yang dapat memengaruhi kualitas hidup Anda. Hal ini sangat umum akhir-akhir ini karena gaya hidup yang menuntut gengsi sebagian orang. Menurut sebuah studi oleh Universitas Harvard pada 2011, seseorang yang minum empat cangkir kopi atau lebih memiliki risiko hingga 20 persen lebih rendah untuk menjadi depresi dan melakukan bunuh diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement