Senin 09 Mar 2020 13:40 WIB

Enam Nutrisi yang Penting Bagi Rambut Sehat

Memiliki rambut sehat tak cukup hanya dengan kondisioner yang baik saja.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Memiliki rambut sehat tak cukup hanya dengan kondisioner yang baik saja (Foto: ilustrasi rambu sehat)
Foto: Pixabay
Memiliki rambut sehat tak cukup hanya dengan kondisioner yang baik saja (Foto: ilustrasi rambu sehat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki rambut sehat tak cukup hanya dengan kondisioner yang baik saja. Memperhatikan asupan, termasuk suplemen, juga dibutuhkan untuk memperoleh rambut sehat.

Para ahli mengatakan, setidaknya ada enam nutrisi ini yang dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat, berdasarkan penelitian. Dilansir di laman Mind Body Green, Senin (9/3), berikut kenam nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut.

Baca Juga

Biotin

Biotin adalah vitamin B kompleks yang diketahui penting dalam pertumbuhan rambut dan kuku. "Ketika pasien memiliki kekurangan biotin, mereka menderita penipisan, rambut kering dan kulit kering," ujar dermatologis yang berbasis di New York City, yang juga merupakan direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di Mount Sinai Medical Center, Joshua Zeichner, M.D.7.

Dia melanjutkan, suplemen biotin dapat membantu dalam mendukung kulit kepala kering dan rambut kering. Sementara rambut kering, rambut rontok, dan ruam kulit adalah indikator masalah yang baik, karena dengan sebagian besar kekurangan biotin. Namun, satu-satunya cara untuk memastikannya adalah dengan melakukan tes darah dari dokter Anda.

Kolagen

"Asam amino adalah blok bangunan membran sel dan keratin. Keratin adalah bahan yang terbuat dari rambut," Zeichner menjelaskan. Salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak asam amino dalam diet Anda adalah melalui kolagen.

Kolagen adalah protein paling banyak dalam tubuh Anda yang dapat memperkuat rambut dan mencegah kerusakan folikel rambut. "Karena kolagen dicerna oleh usus Anda, ia dipecah menjadi bagiannya asam amino individu yang beredar di seluruh tubuh,” kata Zeichner.

Asam amino tersebut kemudian dapat diubah menjadi keratin untuk membentuk rambut sehat di folikel. Sementara, trichologist Shab Reslan mengatakan, rambut sendiri terbuat dari protein keratin, dan itu membutuhkan diet lengkap agar dapat tumbuh secara maksimal. “Kolagen dapat mendukung pertumbuhan dan kesehatan alami rambut Anda,” kata dia menambahkan.

Untuk hasil terbaik, cari suplemen kolagen sapi yang diberi makan rumput, yang mengandung kolagen Tipe I dan III. Sebab, jenis kolagen yang sangat penting dalam meningkatkan kesehatan rambut.

"Kolagen yang diberi makan rumput adalah cara yang harus ditempuh," kata pelatih nutrisi klinis di New York City,  Ariane Hundt , MS.

Silika

Menurut Zeichner, Silica adalah mineral yang sering ditemukan di alam dan di dalam tubuh dan umumnya digunakan sebagai zat tambahan makanan. Penelitian telah menemukan bahwa silika dapat ditemukan di tulang, tendon, aorta, hati, dan ginjal.

"Mekanisme pastinya tidak jelas, tetapi silika dianggap dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menghasilkan kulit, kolagen, tulang, dan rambut yang tepat," katanya.

Ahli kulit holistik yang berbasis di California, Cynthia Bailey, MD, suplemen silikon telah terbukti meningkatkan kekuatan, kecerahan, dan ketebalan rambut, serta mengurangi kerusakan rambut. Dia yang merupakan seorang diplomat dari American Board of Dermatology itu mengatakan bahwa satu teori adalah bahwa ia dapat berinteraksi dengan keratin, protein yang ditemukan secara alami di rambut, yang memberi rambut strukturnya.

photo
Rambut sehat (ilustrasi) - (Boldsky)

Vitamin E

Reslen mengatakan, Vitamin E adalah vitamin yang penuh nutrisi dan merupakan salah satu vitamin terbaik untuk kulit kepala. Vitamin E diyakini bekerja dengan menenangkan peradangan pada kulit dan kulit kepala Anda, memperlambat kerusakan akibat radikal bebas di sekitar folikel rambut Anda yang dapat menyebabkan Zeichner prematur beruban dan kerusakan rambut.

Ingatlah bahwa vitamin E perlu sedikit waktu untuk mengolah rambut Anda. Menurut Bailey, diperlukan satu minggu bagi vitamin untuk membantu mengelola sebum dan sekresi berminyak yang membantu menjaga rambut dan rambut

“Jika Anda ingin mencari produk rambut dengan vitamin bersama dengan suplemen, ketika dioleskan, vitamin E membantu menghasilkan kolagen dan sel-sel kulit yang lebih sehat untuk kulit kepala Anda," tambah Reslen.

Omega-3

“Asam lemak omega-3 adalah minyak yang secara alami ditemukan dalam makanan seperti kenari, kedelai, dan ikan berlemak,” kata Zeichner. Sementara mereka dianggap memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung, efek dari suplemen ini kurang jelas.

Namun, kata Zeichner, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat mendukung kesehatan kulit dan rambut Anda ketika dikonsumsi bersamaan dengan suplemen lain seperti antioksidan.

Zat Besi

Menurut Bailey, kekurangan zat besi adalah kekurangan nutrisi yang umum, dan itu dapat menyebabkan masalah rambut, termasuk kekeringan dan kerontokan rambut. Tidak sepenuhnya jelas bagaimana zat besi mempengaruhi rambut, tetapi sel-sel matriks folikel rambut adalah beberapa sel pembagi tercepat dalam tubuh.

Tanpa asupan zat besi yang tepat, folikel rambut mungkin tidak berfungsi dengan baik. Maka hal itu bisa bisa berakhir dengan kekeringan dan kerontokan rambut.

Hanya saja, suplemen zat besi bukan untuk semua orang. Sebab, mengkonsumsi suplemen dapat menyebabkan masalah pencernaan dan perut jika Anda tidak kekurangan. Oleh sebab itu, bicarakan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda perlu dites untuk kekurangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement