Senin 09 Mar 2020 02:53 WIB

Dinkes Babel Imbau Masyarakat tak Panik Membeli Masker

Anjurannya gerakan hidup sehat, tingkatkan daya tahan tubuh, dan cuci tangan.

Imbauan WHO soal penggunaan masker
Foto: istimewa
Imbauan WHO soal penggunaan masker

REPUBLIKA.CO.ID,BABEL -- Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau masyarakat tidak panik membeli masker dengan adanya wabah virus Corona jenis baru atau Covid-19. Masker cukup digunakan bagi petugas kesehatan dan orang sakit yang memungkinkan menularkan seperti, batu, ISPA, dan influenza.

"Orang yang sehat tidak perlu berlebihan membeli masker akhirnya orang pada mencari masker semua," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto, di Tanjung Pandan, Ahad (8/3).

Ia menambahkan, penggunaan masker bagi orang sehat atau tidak memerlukan masker, mengandung resiko tersendiri. Misalnya agak sesak, risih dan ketika membenarkan masker sewaktu digunakan maka tangan akan menyentuh mata dan hidung. "Justru menggunakan masker beresiko belum tangannya menempel di masker dan mata udah kuman bisa masuk," katanya.

Maka satu cara menghindari terpaparnya wabah Covid-19 antara lain dengan rajin mencuci tangan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. "Anjurannya gerakan masyarakat hidup sehat, tingkatkan daya tahan tubuh dan cuci tangan diharapkan betul-betul dengan enam langkah cuci tangan," ujarnya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement