Ahad 08 Mar 2020 19:36 WIB

BMKG: Kalsel Masih Diguyur Hujan Hingga Mei 2020

Prediksi awal musim kemarau tahun ini masih dibahas tim BMKG.

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca di gedung BMKG, Jakarta, Jumat (10/1/2020).
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca di gedung BMKG, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin memprediksi jika Provinsi Kalimantan Selatan masih akan diguyur hujan hingga Mei 2020 mendatang.

"Untuk prediksi hujan secara umum akan normal di bulan Mei hingga Juni nanti," kata Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin, Muhammad Shaaimul Qadri di Banjarbaru, Ahad (8/3).

Shaaim, begitu biasa pria berkacamata ini disapa, menjelaskan sejumlah faktor pemicu hujan, diantaranya akibatkan pola tekanan rendah di bumi bagian selatan yang aktif mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan angin (konvergensi) di wilayah Kalimantan Selatan.

Hal itu memicu pertumbuhan awan dan didukung dengan adanya massa udara basah di lapisan rendah sehingga berpotensi untuk terjadi hujan. "Turunnya hujan dimulai dengan intensitas ringan hingga sedang serta lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," katanya.

Dengan demikian, kata dia, masyarakat diimbau agar berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti jalan licin dan tergenang, sambaran petir serta pohon tumbang. "Termasuk potensi gelombang tinggi di laut harus diwaspadai insan pelayaran di musim hujan saat ini," katanya.

Sedangkan untuk prediksi awal musim kemarau tahun ini, kata Shaaim, masih akan dibahas oleh tim BMKG.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement