Ahad 08 Mar 2020 06:03 WIB

Ratusan Bikers Ramaikan Wing Day Rally Harley Davidson

Sebanyak 592 bikers meramaikan wing day rally Harley Davidson.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil
Ratusan Bikers Ramaikan Wing Day Rally Harley Davidson
Foto: Antara/Eric Ireng
Ratusan Bikers Ramaikan Wing Day Rally Harley Davidson

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG--Sebanyak 592 Bikers yang berasal dari Indonesia dan mancanegara seperti Amerika Serikat, Malaysia dan Australia akan ikut meramaikan Wing Day Rally Harley Davidson Classic ke Pangandaran, (3/4) hingga (4/4) April mendatang. Selain itu, sebanyak 297 klub motor se Indonesia akan ikut terlibat dalam acara.

Ketua Pelaksana The X Memorial Wingday 2K20 Tribute to Veteran, Yovie M Santosa mengatakan rally Harley Davidson classic merupakan ajang kegiatan 5 tahunan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI). Menurutnya, penyelenggaraan kali ini merupakan yang ke 10 kalinya yang akan segera digelar.

Baca Juga

"Wingday adalah acara sangat sakral dilakukan oleh para senior kami dahulu. Berkat perjuangan para senior, ini menjadi event Rally Harley Classic se Asiaa dan hanya terdapat Asia" ujarnya di Bandung, Sabtu (7/3).

Secara teknis, menurutnya ke 592 bikers yang akan berangkat ke Pangandaran dibagi dalam dua lokasi keberangkatan. Ia mengatakan, sebanyak 436 bikers akan berangkat di kawasan Gedung Sate, Jabar. Sedangkan 156 bikers akan berangkat dari Yogyakarta.

Katanya, rally Harley Davidson classic akan diikuti pengendara Harley Davidson yang memiliki kendaraan hingga tahun 1984. Menurutnya, di Pangandaran kurang lebih sekitar 2.000 bikers yang akan memadati Pantai Pangandaran.

"Motor classic (saat rally) wajib mendatangi check poin dan mengumpulkan tiga stiker setelah sampai Pangandaran akan dicek," katanya.

Yovie mengatakan mereka yang sampai ke Pangandaran dengan memiliki tiga stiker akan diberikan pin emas. Namun jika tidak memiliki stiker maka bikers yang sampai ke Pangandaran tidak akan memperoleh pin emas. Selanjutnya, pihaknya akan membakar pin emas yang tersisa.

"Tanggal (2/4), peserta akan dikumpulkan untuk technical meeting," katanya. Ia pun mengaku sudah berkoordinasi dengan Polda Jabar dan Jateng untuk mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Katanya, banyak tokoh yang akan menghadiri kegiatan seperti Ketua Umum HDCI, Nanan Sukarna termasuk undangan Gubernur Jabar, Kapolda Jabar dan Mantan Wakapolri, Ari Dono. Selain itu artis yang akan terlibat dalam meramaikan acara yaitu Rif Band dan Wika Salim.

Ketua Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Pengcab Bandung, Glenarto mengatakan kegiatan Rally Harley Davidson Classic ke Pangandaran kali ini mengusung tema mengenang jasa pahlawan atau veteran perang di zaman kemerdekaan. Katanya pihaknya akan memberikan penghargaan kepada para veteran.

Selain itu, bikers dari Amerika Serikat, Australia dan Malaysia akan terlibat dalam acara tersebut. Mereka akan menggunakan Harley Davidson yang akan disiapkan di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement