Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Gol Penalti Messi Tuntaskan Upaya Barcelona Tekuk Sociedad

Ahad 08 Mar 2020 02:58 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Bintang Barcelona Lionel Messi seusai mencetak gol ke gawang lawan.

Bintang Barcelona Lionel Messi seusai mencetak gol ke gawang lawan.

Foto: EPA/QUIQUE GARCIA
Untuk sementara, Barcelona merebut puncak klasemen La Liga dari Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Bintang Barcelona, Lionel Messi, menjadi penentu kemenangan 1-0 timnya atas Real Sociedad, Ahad (8/3) dini hari WIB. Tampil di Camp Nou, Barcelona harus susah payah menghadapi lawannya dan menuntaskan pertandingan lewat gol penalti Messi.

Masih tanpa kehadiran Luis Suarez sebagai ujung tombak, pelatih Barca Quique Setien memasang Martin Braithwaite sebagai juru gedor ditemani Messi dan Antoine Griezmann dengan formasi langganan 4-3-3.

Braithwaite leluasa mengeksplorasi sektor pertahanan lawan karena mendapat pelayanan dari aliran bola Messi dan Griezmann. Di awal babak pertama, Barcelona langsung mengancam gawang Sociedad. Namun, gempuran La Blaugrana masih dapat dimentahkan penjaga gawang lawan.

Sergio Busquets juga berkontribusi mengalirkan bola dari tengah. Ia mengatur tempo pertandingan plus memberikan serangan pembuka lewat sisi sayap yang diisi Ivan Rakitic dan Frankie De Jong. Namun, usaha tuan rumah tidak membuahkan hasil di babak pertama.

Barcelona terus mencoba mencari celah kelemahan lawan di babak kedua. Messi yang tampil minor di laga el clasico pekan lalu, menjadi momok tersendiri ketika menghadapi Sociedad. Ia terus-menerus mengancam gawang lawan dengan tendangan dari luar kotak penalti, meski tetap dapat diblok oleh barisan pertahanan Sociedad.

Jalan keluar Barcelona pun ditentukan dari penalti. Keputusan wasit menunjuk titik putih diambil setelah melihat tayangan ulang VAR yang menyatakan Mikel Oyarzabal melakukan handsball. Messi tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mencetak gol.

Tak ada tambahan gol hingga waktu penuh. Tiga poin untuk Barcelona membuat klub raksasa Spanyol itu kembali merebut singgasana puncak klasemen La Liga Spanyol dari Real Madrid dengan koleksi 58 poin.

Barca unggul dua poin atas Madrid. Namun Madrid masih punya tabungan satu laga yang belum dimainkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA