Sabtu 07 Mar 2020 04:48 WIB

Ketua NAHCON Menyerukan Pengurangan Tarif Haji

Ketua Nahcon berharap Tarif haji diharap bisa dikurangi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Ketua Nahcon berharap Tarif haji diharap bisa dikurangi. Foto: Jamaah Haji Nigeria (ilustrasi)
Foto: vanguardngr
Ketua Nahcon berharap Tarif haji diharap bisa dikurangi. Foto: Jamaah Haji Nigeria (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NIGERIA -- Upaya Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) untuk mengurangi biaya haji telah menerima dorongan besar dari kelompok yang tidak diduga. Mereka berasal dari kelompok akomodasi dan penyedia layanan katering di Arab Saudi.

Dua kelompok ini berjanji mendukung NAHCON untuk menurunkan harga barang-barang maupun jasa mereka. Dukungan ini disampaikan saat melakukan kunjungan ke kantor NAHCON di Makkah baru-baru ini.

Baca Juga

Mereka mendukung upaya Komisi dengan menyebut kemungkinan pengurangan harga akan meningkatkan jumlah jamaah yang berangkat dari Nigeria.

Kelompok ini juga menegaskan keinginan tulus mereka untuk bekerja secara harmonis dengan dewan NAHCON. Mereka memastikan bahwa jamaah haji Nigeria akan membayar lebih sedikit untuk kualitas layanan yang sama dengan yang diberikan di masa lalu.

Sebelumnya, Ketua Komisi, Alh Zikrullah Kunle Hassan menyebut, pertemuan dengan dua kelompok ini sebagai upaya bersama dari para pemangku kepentingan untuk bersatu. Tujuannya untuk mencapai pengurangan Tarif Haji dan meningkatkan kesejahteraan jamaah Nigeria.

Dia mengatakan tekad dewan untuk mengurangi Tarif Haji 2020 konsisten dengan kerinduan dan aspirasi Pemerintah serta masyarakat erlepas dari kecenderungan mereka.

"Dewan bermaksud untuk mencapai setidaknya pengurangan 10 persen dan mencocokkan antara kenyataan dengan harapan. Dewan seluruh staf komisi telah mengadopsi deklarasi tunggal ini. Oleh karena itu, kita semua berkomitmen untuk mencapai deklarasi," kata Alh Zikrullah Kunle Hassan dikutip di AllAfrica, Jumat (6/3).

Alh Zikrullah juga menyatakan bahwa Komisi akan memastikan bahwa kedua belah pihak, para peziarah dan penyedia layanan, akan lebih baik dan bahagia. Upaya ini diambil untuk menjamin jumlah peziarah yang lebih tinggi dan membawa keuntungan bagi penyedia layanan.

"Saya di sini untuk memastikan bahwa anda dan para peziarah bahagia tahun ini dan bahkan di masa depan dengan menerima pengurangan biaya akomodasi dan layanan lainnya. Karena itu, kami membutuhkan dukungan anda untuk melakukan ini," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Komite Senat Urusan Luar Negeri, Senator Mohammed Bulkachuwa, memuji keputusan Komisi dan menyatakan dukungan penuh parlemen untuk upaya ini.

"Kami bangga dengan NAHCON. Kami tahu bahwa semua mata tertuju pada Anda sekarang, baik dari Pemerintah maupun orang-orang terutama dengan perubahan tongkat kepemimpinan," ucapnya.

Ia juga menyebut jika Senat cukup solid berada di belakanh NAHCON untuk tujuan ini. Apapun yang menjadi kendala, Komite Senat siap membantu untuk mengatasinya, bukan karena apa pun selain melakukannya demi Allah SWT.

Ketua Grup Shuraka Khair yang juga merupakan pemain utama dalam industri jasa, Musa Hamid, menggemakan sentimen serupa dengan janji mendukung inisiatif Komisi untuk menurunkan harga haji 2020.

NAHCON memulai pemeriksaan akomodasi negara, fasilitas katering, dan negosiasi harga di Arab Saudi. Pengadaan yang merupakan salah satu prasyarat untuk negosiasi harga akan berakhir pada 2 Maret.

Tim Inspeksi dibagi menjadi tiga kelompok. Laporan dari tim akan membentuk dasar negosiasi papan utama di mana dewan berkeinginan untuk menyediakan Succor bagi para peziarah berada.

Masing-masing Tim dipimpin oleh seorang Direktur di Komisi dengan lima anggota lainnya. Termasuk di dalamnya perwakilan dari Kantor Sekretaris untuk Pemerintah Federasi, Konsulat Nigeria di Jedddah, serta anggota Komite Senat, dan Dewan Perwakilan Rakyat tentang Luar Negeri dan Urusan Haji. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement