Jumat 06 Mar 2020 16:24 WIB

MER-C: Penting Ada Pos Konsultasi dan Edukasi Corona

Edukasi ke masyarakat sangat penting dan harus mengacu pada sumber yang kompeten

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Penumpang memakai masker di dekat spanduk sosialisasi virus Corona di Stasiun Depok, Depok, Jawa Barat, Jumat (6/3).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Penumpang memakai masker di dekat spanduk sosialisasi virus Corona di Stasiun Depok, Depok, Jawa Barat, Jumat (6/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Medical Emergency Rescue Comittee (MER-C) menilai edukasi terhadap masyarakat sangat penting di tengah virus corona yang sudah positif ada di Indonesia. Sebab, dalam sebuah bencana semacam ini akan ada dampak lain di luar hal yang terkait dengan bencana itu sendiri.

Dampak lain yang dimaksud terkait dengan sosial dan ekonomi. Masalah sosial berkaitan apabila informasi kurang disebarkan dengan baik. "Untuk kondisi saat ini kita setuju bahwa edukasi kepada masyarakat sangat penting. Edukasi harus mengacu pada sumber yang dianggap kompeten," kata Ketua Divisi Relawan MER-C, Hadiki Habib, ditemui di Kantor MER-C, Jumat (6/3).

Baca Juga

Edukasi yang dilakukan harus terkait dengan bagaimana masyarakat menjaga diri dari virus corona. Misalnya agar masyarakat menghindari kontak terlalu erat dengan penderita virus corona, rajin cuci tangan, dan menghindari menyentuh wajah ketika beraktivitas.

MER-C juga meminta pemerintah untuk menyediakan pos-pos konsultasi corona. "Sangat penting ada call center atau pos-pos konsultasi terkait dengan virus corona sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi yang valid," kata Hadiki menambahkan.

Ia menambahkan, perlu ada informasi soal alur rujukan rumah sakit penanganan pasien terduga corona. Alur rujukan ini perlu diperjelas. Ia menuturkan, hal yang perlu diperjelas yakni tidak hanya soal aspek SOP (standar operasional prosedur) namun juga terkait dengan tata laksana.

"Ketika kasusnya ini ada yang dicurgai maka sebaiknya memang didatangi. Kalau ada sistem konsul online maka bisa didatangi untuk konfirmasi," kata dia menambahkan.

Dampak di luar virus itu sendiri, kata Hadiki perlu diwaspadai. Sebab, apabila masyarakat merasa panik dan takut justru bisa menyebabkan kerugian yang lebih besar dari penyakit itu sendiri. Oleh sebab itu, masyarakat secara umum harus dikuatkan dari segi informasi terkait semua hal yang berkaitan dengan corona dan cara pencegahannya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement