Jumat 06 Mar 2020 16:23 WIB

Airlangga Bertemu SBY, Demokrat: Diplomasi Batik Biru Kuning

Sekjen Demokrat mengatakan Airlangga diutus Presiden Jokowi untuk bertemu SBY.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Bayu Hermawan
Ketum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketum Demokrat SBY di Puri Cikeas, Kamis (5/3) malam,
Foto: ist
Ketum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketum Demokrat SBY di Puri Cikeas, Kamis (5/3) malam,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan mengatakan, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membahas sejumlah isu aktual, mulai dari Omnibus Law hingga pilkada serentak 2020, dalam pertemuan di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/3) malam kemarin. Hinca menyebut pertemuan itu sebagi Diplomasi Batik Biru Kuning 2020.

Hinca menjelaskan, pertemuan itu diawali dengan makan malam, dan masing - masing delegasi duduk berhadap-hadapan. "Pak SBY dan Pak Airlangga duduk bersebelahan memimpin pertemuan. Sebut saja Diplomasi Batik Biru Kuning di Cikeas2020," kata Hinca, Jumat (6/3).

Baca Juga

Hinca mengakui adanya pembicaraan politik dalam pertemuan pertama kedua parpol di tahun 2020. Sebagai Menko Perekonomian, kata Hinca, Airlangga menjelaskan, bahwa dirinya diutus Presiden Jiko Widodo dan menyampaikan salam seraya mengajak peran Demokrat memberikan masukan  restrukturisasi perekonomian.

Demokrat mengaku senang mendengar ajakan ini. Menurut Hinca, Demokrat ingin menjadi bagian dari solusi dan perkembangan. Sikap politik Demokrat, yang sudah baik akan didukung, yang belum baik akan diperbaiki bersama.

"Negara ini negara kita bersama. Kita bangun bersama, meskipun kami tidak berada dalam pemerintahan," kata SBY merespons dua RUU Omnibus Law yang dijelaskan Airlangga, seperti diceritakan oleh Hinca.

Di samping itu, Hinca juga mengakui, ada ajakan Airlangga terkait kontestasi pemilu terdekat yang akan datang. "Juga mengajak kerjasama Pilkada 2020 di 270 wilayah di seluruh Indonesia," jelas Hinca.

Menanggapi ajalan Airlangga, menurut Hinca, SBY juga siap membangun kerja sama. "Untuk Pilkada, mari kita bicarakan bersama. silahkan dari PG ketemu dengan PD dan bicara," kata SBY dikutip oleh Hinca.

Pertemuan ini diwarnai nuansa biru kuning. Elit Demokrat berbatik nuansa biru; berkembang kuning. Kedua belah pihak mengapresiasi satu sama lain, misalnya Airlangga yang mengulas apresiasi Almarhumah istri SBY, Ani Yudhoyono yang kerap menghadiri pameran batik Kementerian Perindustrian.

SBY juga mengajak Airlangga ke Pusat Olahraga Lavani dan memperkenalkan tim boli Lavani. SBY juga memberikan kaus khusus Museum dan Galeri SBY - Ani bernuansakan dominan kuning demgan strip biru.  "Pokok pembicaraan soal politik? tentu banyak sekali dan sarat wawasan kebangsaan. Soal 2024? tunggu episode berikutnya!" ujar Hinca.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement