Jumat 06 Mar 2020 15:42 WIB

Waktu yang Tepat untuk Menyeruput Kopi

Menurut ahli, kopi bisa dinikmati pada jam-jam tertentu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Menurut ahli, kopi bisa dinikmati pada jam-jam tertentu (Foto: ilustrasi kopi)
Foto: Piqsels
Menurut ahli, kopi bisa dinikmati pada jam-jam tertentu (Foto: ilustrasi kopi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, kopi bisa meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati. Itu sebabnya, para pecinta kopi tak bisa melewatkan seharipun tanpa menyeruput kopi. Lalu kapan waktu yang tepat untuk minum kopi?

Ahli diet dari UCHealth Kristina Comer menyarankan untuk minum kopi di pagi hari dan sore hari. Tepatnya, tiga jam setelah bangun dan enam jam sebelum waktu tidur.

Baca Juga

"Adapun jika Anda ingin mendapat hasil maksimal pra-latihan, minumlah kopi sekitar 30 hingga 60 menit sebelum memulai sesi," kata Comer dilansir Pop Sugar, Jumat (6/3).

Menurut Comer, mengonsumsi kafein selama periode tubuh menghasilkan jumlah kortisol yang lebih rendah dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan fokus. Kadar kortisol tertinggi seseorang adalah sesaat setelah bangun tidur, namun kembali turun setelah sekitar tiga jam.

Tubuh juga sering mengalami lonjakan kortisol setelah makan. Maka dari itu, secangkir kopi di waktu sore akan berguna.

Menurut Comer, mengonsumsi kafein secara teratur di waktu tersebut membantu mencegah tumpang tindih dan kelebihan kafein. Tetapi itu bukan metode yang mudah untuk merasa baik.

Comer menambahkan bahwa mengonsumsi kopi dengan perut kosong dapat meningkatkan tingkat penyerapan dan meningkatkan peluang Anda merasa cemas, dibanding minum kopi dengan makanan seimbang yang tinggi protein dan serat.

"Penting untuk dicatat bahwa gen spesifik dapat membuat individu tertentu lebih sensitif terhadap kafein daripada yang lain," kata Comer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement