Kamis 05 Mar 2020 21:56 WIB

Dubes Saudi Beri Kurma Saat Peresmian Institut Daarul Qur'an

Pembelajaran Alquran secara intensif selama semester pertama.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Fakhruddin
Menag Fachrul Razi (kanan) menyerahkan izin pendirian kepada Pimpinan Umum Daarul Qur
Foto: Republika/Prayogi
Menag Fachrul Razi (kanan) menyerahkan izin pendirian kepada Pimpinan Umum Daarul Qur

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG --- Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al Thaqafi secara langsung menghadiri peresmian Institut Daarul Qur'an (IDQ) dan juga Masjid Al Anwar IDQ pada Kamis (5/3). Essam sangat mengapresiasi Daarul Quran bisa mendirikan IDQ dan Masjid Al Anwar. Bahkan sebagai rasa syukurnya, Essam memberikan hadiah bagi IDQ dan Masjid Al Anwar yakni berupa kurma yang didatangkan langsung dari Tanah Suci serta mushaf Alquran.

"Saya menyampaikan rasa syukur atas kegembiraan dengan membuka masjid dan Institut Qur'an ini, saya memberikan hadiah kurma yang di tanam di Arab Saudi dan mushaf cetakan Arab Saudi," kata Essam disela-sela menghadiri peresmian IDQ.

Essam mengatakan masjid sejatinya menjadi tempat bagi setiap Muslim mengembalikan segala urusannya. Selain itu masjid juga menjadi tempat bagi orang-orang yang tersesat untuk memperbaiki diri. Maka menurutnya patut bersyukur orang-orang yang dapat membanhun masjid sebab akan menjadi tempat bagi umat muslim untuk mendirikan shalat. 

Essam juga berpesan agar semua pihak dapat menjaga dan memakmurkan masjid Al Anwar IDQ yang baru diresmikan. Sebab menurutnya orang-orang yang menjaga masjid akan mendapatkan kasih sayang Allah SWT. Di samping itu, Essam juga mengatakan bahwa Arab Saudi sangat mencintai Indonesia. Ia mengatakan Arab Saudi akan semaksimal mungkin untuk saling tolong-menolong dengan Indonesia. 

Sementara itu persemian IDQ dan Masjid Al Anwar IDQ juga dihadiri oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Peresmian dilakukan secara simbolis dengan menandatangani prasasti dan pengguntingan pita. IDQ berlokasi di Jalan Cipondoh Makmur Raya, Rt 03/RW 09 Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Terdapat tiga Fakultas dengan enam program studi (prodi) yang dibuka di IDQ yakni Fakultas Ushuluddin dengan prodi Ushuluddin dan Ilmu Al Quran serta prodi Tafsir Hadits, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan prodi Manajemen Bisnis Syariah dan prodi Hukum Ekonomi Syariah, serta Fakultas Tarbiyah dengan prodi pendidikan keguruan dan prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI). Menariknya mahasiswa yang kuliah di IDQ akan mendapat pembelajaran Alquran secara intensif selama semester pertama. Dalam kesempatan itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga menyerahkan bantuan CSR untuk pembangunan Masjid Al Anwar IDQ.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement