Kamis 05 Mar 2020 19:29 WIB

Athletic Bilbao Bantah Minati Higuain

Kontrak Higuain bersama Juventus bakal habis pada akhir musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Juventus Gonzalo Higuain dilaporkan diminati Athletic Bilbao.
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Penyerang Juventus Gonzalo Higuain dilaporkan diminati Athletic Bilbao.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki garis keturunan dari etnis Basque, Gonzalo Higuain sempat dikabarkan menjadi salah satu pemain incaran Athletic Bibao pada bursa transfer pemain pada pertengahan tahun ini. Terlebih, kontrak penyerang asal Argentina bersama Juventus bakal habis pada akhir musim ini.

Bilbao dikabarkan siap memanfaatkan situasi kontrak Higuain bersama Juventus. Manajemen Bilbao berharap bisa mendatangkan mantan penyerang Real Madrid itu tanpa biaya transfer. Pasalnya, hingga kini, Juventus belum memberikan sinyal untuk memperpanjang kontrak striker berjuluk El Pipita tersebut.

Baca Juga

Namun, kemungkinan kepindahan penyerang berusia 32 tahun itu langsung ditutup oleh Direktur Olahraga Bilbao, Rafa Alkorta. Menurut Rafa, hingga saat ini, Bilbao masih menerapkan aturan dan tradisi yang ketat terkait perekurutan pemain. Bilbao hanya diperbolehkan merekrut pemain yang berasal dari wilayah Basque ataupun yang berlatih di akademi sepak bola Bilbao.

"Jika Anda menggunakan aturan tersebut, maka dia (Higuain) tidak memenuhi persyaratan tersebut. Hubungan darah tidak diperhitungkan. Saya tidak tahu, apakah aturan ini bisa dimodifikasi pada masa mendatang, tapi untuk saat ini, itulah aturannya," kata Rafa kepada Onda Cero seperti dikutip Football Italia, Kamis (5/3).

Meski lahir di Prancis dan besar di Argentina, Higuain diketahui masih memiliki darah Basque. Kakek buyut Higuain berasal dari wilayah yang terletak di perbatasan Spanyol-Prancis tersebut, sebelum akhirnya hijrah ke Argentina. 

Aturan dalam merekrut pemain lokal Basque atapun produk akademi sepak bola telah diberlakukan Bilbao sejak 1912 silam. Namun, aturan ini tidak berlaku untuk staff pelatih, baik pelatih di tim junior ataupun pelatih di tim utama Bilbao.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement