Kamis 05 Mar 2020 18:28 WIB

Pekka Lundmark Jadi CEO Nokia, Siapakah Dia?

Pekka Lundmark ditunjuk menjadi presiden dan CEO Nokia untuk menggantikan Rajeev Suri

Pekka Lundmark (kiri)
Foto: reuters
Pekka Lundmark (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekka Lundmark ditunjuk menjadi presiden dan CEO Nokia untuk menggantikan Rajeev Suri. Rajeev Suri mengundurkan diri setelah lebih dari satu dekade memimpin Nokia dan Nokia Siemens Networks.

Lundmark efektif mengemban jabatan barunya mulai 1 September 2020. Saat ini, dia masih menjabat sebagai CEO Fortum, sebuah perusahaan energi yang berbasis di Espoo, Finlandia.

Sebelum Fortum, Lundmark menjabat sebagai Presiden dan CEO Konecranes, pemimpin teknologi penanganan material global. Sejak 1990-2000 ia memegang berbagai posisi eksekutif di Nokia, termasuk Wakil Presiden Strategi dan Pengembangan Bisnis di Nokia Networks.

"Dengan akuisisi Alcatel-Lucent di belakang kami dan dunia 5G di depan kami, saya senang Pekka setuju untuk bergabung dengan Nokia," kata Risto Siilasmaa, Ketua Dewan Manajemen Nokia.

Siilasmaa menyebut Pekka Lundmark memiliki catatan kepemimpinan dan penciptaan nilai pemegang saham di perusahaan bisnis-ke-bisnis besar. Pekka Lundmark dinilai memiliki pengalaman mendalam dalam jaringan telekomunikasi, digitalisasi industri, dan pasar-pasar utama seperti Amerika Serikat dan Cina.

"Fokus pada kejelasan strategis, keunggulan operasional dan kinerja keuangan yang kuat," kata Siilasmaa.

Rajeev Suri, Presiden dan CEO Nokia saat ini, mengindikasikan kepada dewan manajemen bahwa ia sedang mempertimbangkan untuk mengundurkan diri. Dia mensyaratkan ada rencana suksesi yang solid.

Dewan Direksi Nokia telah melakukan proses terstruktur untuk suksesi CEO dan telah bekerja sama dengan Suri untuk mengembangkan kandidat internal dan mengidentifikasi kandidat eksternal. Proses itu memuncak 2 Maret 2020, ketika Dewan Direksi Nokia membuat keputusan untuk bergerak maju dengan penunjukan Lundmark.

“Atas nama seluruh Dewan Direksi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Rajeev atas banyak kontribusinya bagi Nokia, di mana dia telah melayani dengan kehormatan dan perbedaan,” kata Siilasmaa.

Suri akan meninggalkan posisinya saat ini pada 31 Agustus 2020 dan terus melayani sebagai penasihat Dewan Nokia hingga 1 Januari 2021. Selama masa jabatannya sebagai CEO Nokia dan Nokia Siemens Networks, Suri memimpin konsolidasi yang signifikan dari sektor infrastruktur telekomunikasi.

Suri melakukan perubahan mendasar dari Nokia Siemens Networks termasuk pelepasan banyak aset non-inti, pertumbuhan besar dalam bisnis lisensi paten yang sangat menguntungkan perusahaan, integrasi Alcatel-Lucent, dan diversifikasi yang berhasil ke pasar perangkat lunak dan perusahaan baru.

Di bawah kepemimpinannya, Nokia menjadi salah satu dari dua pemain teratas dalam infrastruktur telekomunikasi. Posisi Nokia naik dari posisi nomor empat, dengan ruang lingkup dan skala untuk kesuksesan jangka panjang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement