Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

4 Rumah Sakit di Yogya Disipakan Jadi Rujukan Virus Corona

Kamis 05 Mar 2020 18:12 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Karta Raharja Ucu

Model tiga dimensi dari partikel virus SARS-CoV-2 virus atau dikenal sebagai 2019-nCoV. Virus tersebut adalah penyebab Covid-19 atau virus corona jenis baru.

Model tiga dimensi dari partikel virus SARS-CoV-2 virus atau dikenal sebagai 2019-nCoV. Virus tersebut adalah penyebab Covid-19 atau virus corona jenis baru.

Foto: EPA-EFE/NATIONAL INSTITUTES OF HEALTH
Empat rumah sakit berada di kabupaten dan kota Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Empat rumah sakit di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) disiagakan sebagai rujukan untuk penanganan virus corona (Covid-19). Empat rumah sakit ini tersebut di beberapa kabupaten dan kota di DIY.

Empat rumah sakit tersebut di antaranya RSUP Dr Sardjito di Kabupaten Sleman, RSUD Panembahan Senopati di Kabupaten Bantul, RSUD Wates di Kabupaten Kulon Progo dan RSUD Kota Yogyakarta. Keempat rumah sakit ini termasuk dalam 133 rumah sakit yang menjadi rujukan untuk penanganan corona di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Pembayun Setyaningastutie mengatakan, dimintanya rumah sakit tersebut menjadi rujukan karena ketersediaan sarana dan prasarana. Terutama ketersediaan ruang isolasi.

"Ketersediaan ruang isolasi di Sardjito Ada banyak. Bantul ada empat ruang isolasi, Wates juga empat dan Kota punya 10 ruang isolasi," kata Pembayun di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (5/03).

Selain itu, dimintanya empat rumah sakit tersebut menjadi rujukan karena faktor ketersediaan sumber daya manusia (SDM). Di empat rumah sakit tersebut ada tenaga kesehatan yang kompeten dalam mengatasi corona

"Ketersediaan dokter spesialis paru-paru atau dokter penyakit dalam yang memang punya atau cukup kompetensinya dan cukup kemampuanya untuk merawat pasien paru," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA