Kamis 05 Mar 2020 11:01 WIB

Negara Maju Ditentukan Karakter Bangsanya

Kep. Bangka Belitung mampu menciptakan sumber daya manusia yang unggul,

Wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, menyatakan negara yang maju ditentukan oleh kualitas karakter bangsanya. Pernyataan itu disampaikan Wagub Abdul Fatah saat membuka Kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Provinsi Kep. Bangka Belitung, di Hotel Novotel Bangka, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Rabu (4/3).
Foto: istimewa
Wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, menyatakan negara yang maju ditentukan oleh kualitas karakter bangsanya. Pernyataan itu disampaikan Wagub Abdul Fatah saat membuka Kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Provinsi Kep. Bangka Belitung, di Hotel Novotel Bangka, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Rabu (4/3).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALAN BARU - Wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, menyatakan negara yang maju ditentukan oleh kualitas karakter bangsanya. Pernyataan itu disampaikan Wagub Abdul Fatah saat membuka Kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Provinsi Kep. Bangka Belitung, di Hotel Novotel Bangka, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Rabu (4/3).

Menurut Wagub Abdul Fatah, karakter bangsa berkualitas merupakan kualitas perilaku kolektif kebangsaan yang inklusif, dicerminkan dalam kesadaran, pemahaman, rasa, karsa, dan perilaku berkebangsaan, serta bernegara sebagai hasil olah pikir, olah rasa, dan perilaku berbangsa dan bernegara berdasarkan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, keberagaman dengan prinsip Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Indonesia.

“Upaya membangun karakter bangsa guna menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembagunan nasional. Oleh karena itu, dalam rangka membagun karakter bangsa diperlukan komitmen dan partisipasi dari berbagai komponen Bangsa melalui pola pembentukan dan pembinaan karakter mulai dari lingkungan keluarga, lembaga pendidikan sampai lingkungan masyarakat," ungkap Wagub Abdul Fatah.

Wagub Abdul Fatah berharap, Rakerda BKKBN tahun 2020 ini diharapkan dapat menjadi momentum refleksi, sekaligus menumbuhkan harapan dan keyakinan bahwa Kep. Bangka Belitung mampu menciptakan sumber daya manusia yang unggul, yaitu manusia yang berkualitas dan berdaya saing, tidak ada seorangpun yang boleh tertinggal dari akses layanan dasar dan perlindungan sosial sumber daya manusia ini akan menjadi kekuatan kita menyongsong Indonesia Negara Maju 2045.

Abdul Fatah juga mengingatkan semua pihak untuk tetap semangat mendukung Program Bangga Kencana yang akan menyasar program kesehatan, pembangunan keluarga kependudukan, keluarga berencana tahun 2020 dapat tercapai, sehingga dapat mewujudkan masyarakat Kep. Babel yang sehat, penduduk tumbuh seimbang, dan keluarga berkualitas.

Sebelumnya, dalam laporan Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Kep. Babel, Fajar Supriadi menyampaikan Rapat Kerja Daerah Program Bangga Kencana Tingkat Provinsi Kep. Babel tahun 2020 ini merupakan salah satu wujud keseriusan Kantor Perwakilan BKKBN Kep. Babel sesuai dengan tugas dan fungsi BKKBN yaitu mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang guna mendukung tercapainya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong royong. 

Sesuai tema “Bangga Kencana Dalam Era Milenial Untuk Indonesia Maju, Kesejahteraan dan Berkeadilan" rakerda dilaksanakan dengan tujuan untuk menyegarkan komitmen dan peran serta baik pemerintah pusat, pemda, maupun seluruh mitra kerja BKKBN dalam peningkatan akses dan kualitas program Bangga Kencana di Provinsi Kep. Bangka Belitung.

 

Rakerda Tingkat Provinsi Kep.Bangka Belitung tahun 2020 ini telah di mulai 3 Maret 2020 dan diikuti oleh 104 peserta yang terdiri dari dinas instansi vertikal, kepala badan di ruang lingkup Pemprov. Kep. Babel, Bappeda, dinkes, OPD KB kabupaten/kota serta mitra terkait.

 

Ikut hadir dalam Pembukaan Rakerda Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) yaitu, Forkopimda Kep. Babel, Ketua TP PKK Kep. Babel, Kepala Dinas OPD kabupaten/kota se- Kep. Babel, Kepala Darma Wanita Provinsi Kep. Babel, serta undangan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement