Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Khadijah Sebut Wajah Fatimah Mirip Sang Ayah, Muhammad SAW

Kamis 05 Mar 2020 07:11 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Kubah hijau di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi menjadi tanda di bawahnya terdapat makam Rasulullah saw dan dua sahabat mulia, Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Kubah hijau di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi menjadi tanda di bawahnya terdapat makam Rasulullah saw dan dua sahabat mulia, Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Foto: Karta Raharja Ucu/Republika.co.id
Fatimah merupakan putri kesayangan Rasulullah SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, Fatimah lahir di Makkah, dari rahim Khadijah. Ia merupakan putri bungsu Muhammad SAW dengan Khadijah setelah Zainab, Ruqqayah, dan Ummu Kultsum. Baik Khadijah maupun Muhammad SAW dilanda kegembiraan yang membuncah saat Fatimah lahir.

Dikutip dari buku Khadijah The True Love Story of Muhammad, Khadijah bahkan begitu takjub saat melihat wajah Fatimah ketika baru lahir. "Lihatlah Muhammad, betapa mirip wajah anak ini dengan wajahmu. Bahkan, di antara seluruh manusia, paras muka inilah yang paling menyerupai cemerlang paras wajahmu. Betapa cantik ia. Betapa ia akan membahagiakan kita," kata Khadijah.

Peristiwa demi peristiwa dialami Fatimah ketika ayahnya, Muhammad SAW, berjuang menyebarkan risalah Ilahi. Ia merasakan pula, ketika ia masih berusia sekitar 14 tahun, boikot yang dilakukan kelompok Quraisy di Makkah terhadap Muhammad SAW dan Muslim.

Baca Juga

Boikot ini membuat akses ekonomi bagi umat Islam kala itu terhambat. Muhammad SAW dan pengikutnya kemudian meninggalkan Makkah, hijrah ke Madinah. Ia terus mendampingi ayahnya meniti jalan dakwah hingga kemudian ia menjelma menjadi putri kesayangan Muhammad SAW.

Bahkan, Muhammad mengungkapkannya secara terbuka. "Fatimah adalah bagian dari diriku. Siapa yang menyakitinya berarti menyakitiku. Siapa yang membuatnya gembira maka ia telah membahagiakanku," kata Muhammad mengungkapkan rasa sayang kepada putrinya itu.

Kasih sayang Muhammad kepada Fatimah juga diungkapkan dengan memilihkan Ali bin Abi Thalib sebagai suami Fatimah. Meski sebelumnya, banyak sahabat yang berkeinginan menikahi putri Muhammad itu. Di antaranya adalah Abu Bakar dan Umar, tetapi ditolak secara halus. 

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA