Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Rabu 04 Mar 2020 17:16 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

 Merebaknya virus corona membuat orang berbondong-bondong membeli hand sanitizer (Foto: ilustrasi memakai hand sanitizer)

Merebaknya virus corona membuat orang berbondong-bondong membeli hand sanitizer (Foto: ilustrasi memakai hand sanitizer)

Foto: Sciencealert
Merebaknya virus corona membuat orang berbondong-bondong membeli hand sanitizer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merebaknya virus corona di berbagai negara di dunia menyebabkan kepanikan massal. Orang-orang pun berbondong-bondong untuk membeli masker penutup mulut dan juga pembersih tangan atau hand sanitizer.

Hal ini menyebabkan harga cairan antiseptik untuk tangan meroket, dan stoknya habis di banyak toko. Melansir di laman Science Alert, Rabu (4/3), kita bisa membuat pembersih tangan sendiri jika pembersih tangan di toko telah habis.

Seorang profesor biologi di Universitas William Paterson dan penulis "The Hand Book: Surviving in a World-Filled World”, Miryam Wahrman, membagikan cara tepat untuk membuat pembersih tangan sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanyalah alkohol, baik isopropil (gosok) atau etil (yang digunakan dalam bir, anggur, dan alkohol).

Wahrman mengatakan, pembuatan pembersih tangan ini setidaknya menggunaakan 60 persen alkohol. Dengan demikian kita dapat menggosokkan cairan ke tangan kita, dan membiarkannya mengering, maka kita akan membersihkannya secara efektif.

"Intinya adalah bahwa alkohol adalah bahan aktif pembersih tangan,” katanya.

Untuk membuat pengalaman sedikit lebih lembut pada kulit kita, kita bisa melembabkan setelah alkohol mengering. Kita juga bisa menambahkan beberapa tetes lidah buaya ke alkohol gosok, tetapi pastikan cairannya lebih dari 60 persen alkohol sehingga lidah buaya tidak terlalu encer.

Baca Juga

"Jika Anda turun di bawah 60 persen, efektivitasnya turun sangat dramatis," kata Wahrman.

OregonLive pun merekomendasikan untuk mencampur dua pertiga cangkir isopropil alkohol 91 persen dengan sepertiga dari secangkir lidah buaya. Anda juga bisa menambahkan delapan hingga 10 tetes minyak wangi jika Anda ingin wangi.

Idealnya, untuk pencegahan kuman, bakteri, dan virus, Anda dapat melewati tahap membersihkan tangan dengan membersihkan tangan. Dan Anda juga bisa hanya mencuci tangan dengan saksama dan sering.

Cuci tangan, yang menghilangkan kuman dari kulit Anda, tetap merupakan cara terbaik untuk melindungi dari virus corona dan patogen lainnya. Sebaliknya, pembersih tangan, kata Wahrman, membunuh sebagian besar kuman tetapi tidak menghilangkannya dari kulit Anda.

"Mencuci tangan adalah langkah pertama yang paling penting, dan kita tidak boleh malu tentang hal itu," katanya.

Alkohol juga merupakan unsur utama dalam membersihkan desinfeksi. Untuk membuat tisu desinfektan Anda sendiri, cukup ambil handuk kertas atau tisu. Lalu, oleskan pada alkohol gosok (atau jenis larutan apa pun yang setidaknya 60 persen alkohol), dan seka permukaan apa pun yang ingin Anda bersihkan.

Bahkan sebelum wabah corona, Wahrman melakukan ini ke teleponnya setiap hari. Dia juga melakukannya untuk kontrol jarak jauh saat bepergian.

“Setelah membersihkan teleponnya dengan tisu yang dilembabkan dengan alkohol, kelihatannya bagus dan bersih. Dan saya tahu sebagian besar kuman yang saya ambil di sepanjang jalan telah terbunuh dan agak dibuang,” katanya menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA