Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Porsche Belum Tertarik Siapkan 911 Versi Mobil Listrik

Rabu 04 Mar 2020 15:59 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Porsche 911.

Porsche 911.

Foto: àutocar
Dalam 10 tahun, Porsche masih akan mempertahankan mesin flat internal combustion.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART—Porsche memiliki produk ikonik yakni Porsche 911. Tapi, pabrikan Jerman itu sepertinya belum tertarik untuk menghadirkan ikon itu dalam format electric vehicle (EV).

Dilansir dari Autocar pada Rabu (4/3), Porsche juga memastikan bahwa produsen yang identik dengan mesin boxer itu tak akan menghadirkan EV untuk 911 hingga 2030. Artinya, selama sepuluh tahun ini, 911 rupanya masih akan mempertahankan mesin flat internal combustion.

Porsche Sports Cars Line Director, Frank-Steffen Walliser mengatakan, saat ini memang Porsche sudah mengembangkan mesin EV.

“Tapi, 911 akan jadi jajaran produk terakhir yang akan menerapkan EV. Saya akan berjuang untuk mempertahankan mesin konvensional untuk ikon tersebut. Semoga, saat EV mulai diterapkan pada 911 saya sudah masuk pada masa pensiun sehingga tidak ada yang akan menyalahkan saya,” kata Frank.

Di satu sisi, ia juga menekankan bahwa Porsche belum menyiapkan model hybrid untuk 911. Menurutnya, Porsche masih ingin mempertahankan desain dan ruang bagasi dari ikon tersebut.

“Kami juga tak ingin membuat produk ini jadi lebih berat,” ujarnya. Dikihat dari gestur itu, maka 911 hybrid pun sepertinya juga tak akan hadir hingga enam tahun kedepan sesuai dengan siklus produk dari 911.

Porsche 911 adalah produk andalan yang telah diluncurkan pada 1964. Desainya yang khas baik dari sisi garis body dan pada bagian lampu pun membuat mobil ini jadi ikon dari Porsche. Oleh karena itu, hingga saat ini, mobil itu tetap dihadirkan dalam bahasa desain yang sama.

Desain yang ikonik itu pun didukung dengan mesin rear-mounted flat-six engine dan membuat mobil ini cukup diperhitungan di jalanan mapun di lintasan. Hal unik lain dari mobil ini adalah dari sisi sistem pendingin mesin.

Karena, sejak awal kehadiran hingga 1998, mobil ini dihadirkan dengan mesin air-cooled engines. Setelah itu, baru kemudian produk ini hadir dengan sistem radiator.

Saat ini, ikon ini telah hadir dalam delapan generasi dengan nomenclature 992. Mobil dua pintu ini memiliki dua opsi mesin yakni 3 liter dan 3,8 liter dan pilihan transmisi manual 7 percepatan dan transmisi PDK 8 speed.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA