Rabu 04 Mar 2020 07:43 WIB

Pelindo 1 Antisipasi penyebaran Virus Corona Lewat Pelabuhan

kegiatan pemeriksaan kepada crew/awak kapal di cabang pelabuhan internasional juga semakin ditingkatkan

Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan milik Pelindo 1.
Foto: dok. Pelindo 1
Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan milik Pelindo 1.

JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap penyebaran Virus Corona (Novel Coronavirus - 2019 - nCov) ke Indonesia melalui Pelabuhan Internasional di lingkungan Pelindo 1.

Seluruh cabang pelabuhan di lingkungan Pelindo 1 telah berkoordinasi dan akan terus berkoordinasi secara intensif dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan/Dinas Kesehatan setempat, untuk melakukan pemeriksaan bersama kepada penumpang embarkasi dan debarkasi di masing-masing cabang pelabuhan, melakukan pengawasan crew/awak kapal asing yang sandar di cabang pelabuhan dan memperketat pengawasan dan kontrol terhadap seluruh kegiatan operasional khususnya di Pelabuhan Internasional.

 "Di beberapa areal terminal penumpang Pelindo 1 telah dipasang alat scanner untuk pendeteksi suhu tubuh sebagai antisipasi penyebaran virus corona, seperti di Terminal Penumpang Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun dan Dumai. Pemantauan dan pemeriksaan penumpang dimulai dari dermaga hingga ke pintu masuk dan keluar. Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) juga akan terus bersiaga dan berkoordinasi secara intensif dengan Pelindo 1 di seluruh terminal penumpang internasional," kata Fiona Sari Utami, VP Humas Pelindo 1.

Fiona menambahkan, kegiatan pemeriksaan kepada crew/awak kapal di cabang pelabuhan internasional juga semakin ditingkatkan. "Petugas KKP melakukan pemeriksaan intensif sebelum kegiatan bongkar muat di laksanakan, dimana  kegiatan pemeriksaan ini tidak saja dilakukan pada saat isu virus corona mewabah, namun kegiatan rutin yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku di pelabuhan. Selain itu, para petugas lapangan baik di terminal penumpang maupun di dermaga telah dihimbau untuk menggunakan masker," kata Fiona.

Cabang pelabuhan Pelindo 1 yang memiliki terminal penumpang internasional yaitu cabang Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Dumai dan  Tanjung Balai Asahan. Pelabuhan yang melayani cargo impor yaitu Pelabuhan Belawan, TPK Belawan, Perawang, Kijang, Dumai dan Lhokseumawe.   Layanan terminal penumpang internasional yang masuk melalui cabang pelabuhan  ini berasal dari Singapura dan Malaysia (Johor, Selat Panjang, Malaka dan Port Klang). Untuk negara asal cargo (impor) pada umumnya berasal dari negara Singapura, Malaysia, Vietnam, Myanmar, India dan China.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement