Rabu 04 Mar 2020 06:20 WIB

Bandara Minangkabau Lakukan Langkah Cegah Penyebaran Corona

Penumpang di bandara dipindai suhu dan harus mengisi deklarasi kesehatan.

Rep: Febrian Fachri / Red: Ani Nursalikah
Bandara Minangkabau Lakukan Langkah Cegah Penyebaran Corona. Bandara Minangkabau
Foto: wikipedia
Bandara Minangkabau Lakukan Langkah Cegah Penyebaran Corona. Bandara Minangkabau

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PARIAMAN --  PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Internasional Minangkabau (BIM) memastikan akan menjalankan prosedur upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) sesuai ketentuan. Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) BIM Yos Suwagiyono menyebut upaya pencegahan di BIM akan dilakukan secara ketat.

“Kami memastikan seluruh pemeriksaan penumpang yang baru tiba dari luar negeri akan melalui pemeriksaan suhu tubuh dengan dibagi dalam beberapa lajur. Maskapai juga akan menginformasikan kepada penumpang mengenai keharusan mengisi Health Alert Card (kartu deklarasi kesehatan),” kata Yos, Senin (2/3).

Baca Juga

Yos menambahkan juga berkoordinasi intensif dengan Otoritas Bandara Wilayah VI, Balai Karantina, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan pemangku kepentingan untuk melakukan langkah dan upaya pencegahan penularan virus corona.

BIM telah dilengkapi berbagai sarana mencegah penyebaran Covid-19. Selain thermal scanner, juga terdapat thermo gun, ruang isolasi, penempatan hand sanitizer, dan pembagian masker secara berkala.

Yos menyebut BIM melakukan upaya pencegahan virus corona sesuai arahan Ditjen Perhubungan Udara yang telah menerbitkan surat edaran agar pemeriksaan terhadap penumpang rute internasional ditingkatkan dan dilakukan secara masif. Kantor Kesehatan Pelabuhan yang berada di bawah Kementerian Kesehatan juga akan terus melakukan monitoring terhadap penumpang pesawat, antara lain melalui pengecekan suhu tubuh terhadap seluruh penumpang yang tiba di luar negeri.

Pengecekan suhu tubuh dilakukan dengan alat thermal scanner yang terdapat di terminal, serta thermo gun yang dipegang oleh personil KKP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement