Selasa 03 Mar 2020 17:41 WIB

Jokowi: Pemerintah Mampu Tangani Corona

Jokowi tak ingin masyarakat justru menjadi paranoid. 

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers terkait perkembangan penanganan virus corona di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/3).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers terkait perkembangan penanganan virus corona di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/3).

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah mampu menangani dua kasus positif corona yang baru saja terdeteksi. Karena itu, masyarakat dimintanya agar tak khawatir dan takut menanggapi virus corona ini.

"Kita menyakini bahwa ini bisa ditangani dan kita mengajak berdoa agar kedua saudara kita ini segera pulih kembali," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/3).

Jokowi mengatakan, sebagian besar pasien virus corona seperti di China, Jepang, Iran, dan Italia pun dapat sembuh dan pulih. Meskipun harus tetap waspada dan berhati-hati, Jokowi tak ingin masyarakat justru menjadi paranoid. 

Presiden pun mengingatkan, agar masyarakat tetap menjaga kebersihan dan juga menjaga imunitas tubuhnya dengan baik. "Kita dapat mencegah penularan virus corona ini dengan sering cuci tangan, jangan menyentuh wajah sebelum cuci tangan," ucap dia.

Menurut dia, pemerintah telah melacak seluruh kontak langsung pasien kasus corona ini sehingga dapat mencegah perluasan penyebaran virus. Pemerintah juga melakukan pengawasan terhadap seluruh kontak pasien kasus corona tersebut.

"Pemerintah siap menjaga dan melindungi masyarakat dari kasus corona ini. Kita akan bekerja sekeras-kerasnya. Di sinilah solidaritas sosial kita diuji, mari kita bersama-sama mengatasi dengan bekerja keras tapi juga tetap tenang," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement