Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Zidane Sanjung Penampilan Vinicius di El Clasico

Senin 02 Mar 2020 07:20 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Winger Real Madrid Vinicius Junior (kanan), pencetak gol ke gawang Barcelona pada laga el Clasico.

Winger Real Madrid Vinicius Junior (kanan), pencetak gol ke gawang Barcelona pada laga el Clasico.

Foto: EPA-EFE/JUANJO MARTIN
Madrid menaklukkan Barcelona 2-0 pada laga pekan ke-26 Liga Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane tak menyimpan rasa bahagianya atas kemenangan timnya melawan Barcelona dalam duel el Clasico di Santiago Bernabeu, Senin (2/3) dini hari WIB. Madrid menaklukkan Barcelona 2-0 pada laga pekan ke-26. 

Zidane menyanjung Vinicius Junior yang mencetak gol untuk Madrid pada menit ke-71. Gol Vinicius membuka jalan bagi Los Blancos menuntaskan laga dengan kemenangan 2-0 setelah Mariano Diaz menjebol gawang Barcelona pada injury time.

Baca Juga

"Saya senang, ia (Vinicius) pantas mendapatkan ini. Gol itu berharga ketika melawan lawan yang besar," katanya seperti dikutip dari Marca

Striker asal Brasil itu berusia 19 tahun dan 233 hari saat menjebol gawang Marc Andre ter Stegen, atau pemain termuda yang mencetak gol dalam pertandingan El Clásico abad ini. Vinicius memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Lionel Messi pada Maret 2007. Saat mencetak gol ke gawang Madrid kala itu, Messi berusia 19 tahun dan 259 hari.

Madrid kembali mencatatkan kemenangan di La Liga setelah tujuh laga tak mampu menaklukkan Lionel Messi dkk. Ini juga sekaligus kemenangan pertama pelatih Zinedine Zidane atas Barcelona di kandang Madrid. 

Ia juga mengapresiasi gol Mariano Diaz pada akhir babak kedua. Zidane melihat, satu gol tambahan berguna untuk menancapkan dominasi terhadap rival abadi Los Blancos tersebut. 

"Ia berperan penting hari ini, datang (dari bangku cadangan) dan mencetak gol. Saya senang karena dia tidak banyak bermain," ujar dia. 

Zidane melihat anak asuhnya pantas menang karena tampil lebih ofensif. Dilihat dari statistik, Real Madrid mencatat 18 percobaan dengan lima di antaranya mengarah tepat ke gawang lawan. 

Sedangkan Barcelona, hanya mampu menciptakan 13 peluang dengan empat tepat sasaran. Kendati demikian, Blaugrana berhasil mencatat penguasaan bola mencapat 56 persen. 

Kemenangan yang dipetik Real Madrid pun cukup untuk menggeser Barcelona dari puncak klasemen sementara La Liga. Los Blancos kini berada di urutan teratas dengan 56 poin.

Kemenangan ini sekaligus menghentikan rekor buruk Madrid yang tak pernah mampu mengalahkan Barcelona di Santiago Bernabeu sejak 2014. Juga jadi kemenangan el Clasico pertama Zidane di kandang Madrid sepanjang menjadi pelatih Los Blancos dalam dua periode.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA