Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Madrid Menangi El Clasico, Gusur Barcelona di Puncak La Liga

Senin 02 Mar 2020 04:53 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Winger Real Madrid Vinicius Junior (kanan), pencetak gol ke gawang Barcelona pada laga el Clasico.

Winger Real Madrid Vinicius Junior (kanan), pencetak gol ke gawang Barcelona pada laga el Clasico.

Foto: EPA-EFE/JUANJO MARTIN
Real Madrid mengalahkan Barcelona 2-0 di Santiago Bernabeu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Real Madrid kembali ke puncak klasemen La Liga Spanyol setelah berjaya pada duel El Clasico. Madrid mengalahkan Barcelona 2-0 di Santiago Bernabeu, Senin (2/3) dini hari WIB. Dua gol Madrid datang dari pemain muda Vinicius Junior dan Mariano Diaz. 

Tambahan tiga poin membuat Madrid mengumpulkan nilai 56, unggul satu angka dari Barcelona di posisi kedua. Kemenangan ini sekaligus menghentikan rekor buruk Madrid yang tak pernah mampu mengalahkan Barcelona di Santiago Bernabeu sejak 2014.

Baca Juga

Madrid kembali mencatatkan kemenangan di La Liga setelah tujuh laga tak mampu menaklukkan Lionel Messi dkk. Hasil ini juga sekaligus menjadi kemenangan pertama pelatih Zinedine Zidane atas Barcelona di kandang Madrid. 

Jalannya laga

Peluang pertama pada laga ini diciptakan Los Blancos pada menit ke-17. Vinicius Junior mampu merangsek lewat sisi kanan pertahanan Barca dan melepaskan umpan ke Toni Kroos. Sayangnya, tendangan gelandang asal Jerman itu masih melambung di atas mistar gawang tim tamu.

Pada menit ke-24 giliran Barcelona yang mendapatkan peluang emas. Antoine Griezmann, yang menerima sodoran umpan tarik dari Jordi Alba, sempat melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Namun, upaya Griezmann tersebut hanya berujung tendangan gawang untuk Madrid karena bola melambung di atas gawang.

Tim tamu kembali mendapatkan kesempatan besar untuk mencetak gol pada menit ke-34 lewat solo run Arthur. Namun, tendangan gelandang asal Brasil itu masih bisa dimentahkan kiper Madrid, Thibaut Courtois. Peluang terbaik Barcelona hadir saat Lionel Messi tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang asal Belgia tersebut pada menit ke-39. Namun, Courtois lagi-lagi mampu menepis bola.

Memasuki babak kedua, Los Blancos langsung menggebrak. Kiper Blaugrana Ter Stegen bahkan harus susah payah menepis tendangan melengkung Isco pada menit ke-56. Gawang Barcelona pun nyaris kebobolan lewat sundulan Isco pada menit ke-60 setelah Ter Stegen gagal menghalau bola. Beruntung, Gerard Pique sudah berdiri di belakang Ter Stegen dan bisa menahan laju bola sebelum melewati garis gawang.

Hampir setengah jam babak kedua berjalan, Madrid terus membombardir pertahanan Barcelona. Semua upaya Madrid ini akhirnya membuahkan hasil positif. Los Blancos mampu memecahkan kebuntuan pada menit ke-71 lewat torehan gol Vinicius Junior

Setelah menerima operan dari Kroos, winger berusia 19 tahun itu merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan dari sisi kanan pertahanan Barca. Bola akhirnya masuk ke gawang setelah sempat berubah arah ke tiang dekat karena mengenai kaki Pique.

Pelatih Madrid Zinedine Zidane berupaya untuk menjaga keunggulan timnya dengan memasukan Luka Modric untuk menggantikan Isco. Sementara itu, pelatih Barcelona Quique Setien memasukkan Ivan Rakitic untuk menyegarkan lini tengah timnya. Tidak hanya itu, Setien juga menarik Griezmann untuk digantikan Ansu Fati. Sebelumnya, Setien sudah memasukkan Martin Braithwaite pada menit ke-69 saat skor masih 0-0 untuk menggantikan Arturo Vidal.

Namun, alih-alih mampu mencetak gol, Barcelona justru kembali kebobolan, tepatnya pada menit ketiga injury time. Mariano Diaz, yang masuk menggantikan Karim Benzema, berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Ia berkelit dari sisi kiri pertahanan Barcelona dan melakukan solo run sebelum menaklukkan Ter Stegen dari jarak dekat. Gol penyerang asal Dominika itu pun sekaligus memastikan kemenangan Los Blancos atas Blaugrana serta menutup laga El Clasico edisi kedua pada musim ini. Hasil ini memutus catatan buruk Madrid saat melawan Barcelona.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA