Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Peluang Bisnis Bagi Para Sneakerhead

Ahad 01 Mar 2020 18:12 WIB

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Nora Azizah

Peluang bisnis di dunia sepatu atau sneakers masih cukup tinggi (Foto: pebisnis di dunia sneakers, dr. Tirta)

Peluang bisnis di dunia sepatu atau sneakers masih cukup tinggi (Foto: pebisnis di dunia sneakers, dr. Tirta)

Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Peluang bisnis di dunia sepatu atau sneakers masih cukup tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tirta Mandira Hudhi atau yang dikenal dengan dr. Tirta sudah membangun usaha cuci sepatu Shoes and Care sejak tujuh tahun silam. Dokter lulusan Universitas Gadjah Mada itu membagikan kiat kepada kaum muda yang ingin memulai bisnis dalam bidang apapun.

"Tipsnya, percaya diri sama niat. Kalau ada rasa optimistis, sesuatu yang nggak mungkin menjadi mungkin," kata vlogger yang dikenal sebagai penggila sneakers itu.

Baca Juga

Kiat penting lain yang dia anjurkan adalah membuat perencanaan yang matang, bukan asal memulai bisnis. Setelah merancang rencana, tentukan sumber anggaran untuk memulai usaha sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Sebagian orang menggunakan tabungan dan gaji yang disisihkan selama bekerja sebagai modal awal. Ada pula yang mendapatkannya dari orang tua, pinjaman bank, dan sumber lain. Bisa juga tanpa modal dengan menerapkan sistem dropship.

Sang dokter menyarankan pebisnis pemula untuk selalu kreatif dan fleksibel di segala kondisi. Idealnya, pebisnis perlu memiliki prinsip 'tinggi tanpa menginjak' atau tidak lupa diri. Kompetitor yang ada juga tak boleh dianggap musuh, melainkan cerminan.

Dalam bidang bisnis sepatu, peluangnya pun semakin tinggi. Semakin banyak jenama lokal yang bermunculan. Tirta mengatakan, ada beberapa jenama Indonesia ternama yang justru dikira berasal dari luar negeri karena kualitasnya sangat baik.

"Saya amati itu karena brand tidak pernah menulis pernyataan bahwa dia dari Indonesia, memang dibiarkan bias. Menurut saya, tidak perlu mengatakan hal itu hanya untuk mendulang penjualan, cukup dengan meningkatkan kualitas," ungkapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA