Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Hasto: PDIP Targetkan Kemenangan Pilkada 60 Persen

Jumat 28 Feb 2020 16:00 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Teguh Firmansyah

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah).

Foto: Antara/Reno Esnir
PDIP menginstruksikan seluruh kader untuk saling bangun kerja sama.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA –- Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku, partainya terus merapatkan barisan, memperkokoh soliditas dan solidaritas antarkader partai.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menginstruksikan seluruh kader PDI Perjuangan di seluruh wilayah Indonesia, untuk saling membangun kerja sama horisontal.

Hasto mengatakan, kader-kader PDI Perjuangan baik yang menjadi pimpinan dewan atau kepala daerah, banyak yang sukses membangun daerahnya masing-masing. Maka dari itu, partainya menginstruksikan, agar antarkader yang menjadi pimpinan, tidak malu dan harus saling belajar dari keberhasilan daerah lain.

“Kita bisa saling belajar dari keberhasilan daerah lain, bertukar pikiran, membangun optimisme, dan pada saat bersamaan terus berjuang mewujudkan target politik kita dengan memenangkan Pilkada serentak 2020 dengan kemenangan 60 persen. Juga membuat hattrick dengan menang pemilu tiga kali berturut-turut. Suatu target yang memerlukan kerja keras dan semangat pantang menyerah,” kata dia Jumat (28/2).

Menurut Hasto, kerja sama antarpimpinan dewan dengan kepala daerah dari PDI Perjuangan, atau kerja sama antara DPD dan DPC partai dari satu daerah dengan daerah lainnya, harus terus digalakkan.

Baca Juga

Dia mencontohkan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono, dengan Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama yang sama-sama kader PDI Perjuangan.

Ketiga kader partai kepala banteng moncong putih ini saling membantu. Jika Ketua DPRD Bali mengirim bantuan 400 bibit bambu khas Bali, Wali Kota Risma siap membantu permasalahan sampah di Bali.

“Apa yang telah dilakukan antara Bu Risma dengan Ketua DPRD Bali bisa menjadi contoh untuk kader di daerah lain. Kerja sama horisontal harus dikembangkan dan menjadi model membangun solidias dan solidaritas antar kader partai,” ujar Hasto.

Hasto menyebut, saat ini partai terus melakukan pembenahan. Baik dalam sistem manajemen partai, pendidikan politik, kaderisasi kepemimpinan dan komunikasi politik. Tujuan utamanya, kata dia, untuk semakin menguatkan partai.

“Partai terus merekrut anggota dari para pemuda, perempuan, para toloh, wiraswasta, para budayawan, dan juga memerluas basis dukungan partai,” kata Hasto.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA