Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Kualitas Pilkada Sulsel Kian Membaik

Jumat 28 Feb 2020 05:17 WIB

Red: Hiru Muhammad

Boneka maskot berbentuk rumah adat Balla Lompoa (rumah besar) beraksi saat peluncuran maskot pilkada Gowa di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/2/2020).

Boneka maskot berbentuk rumah adat Balla Lompoa (rumah besar) beraksi saat peluncuran maskot pilkada Gowa di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/2/2020).

Foto: Antara/Abriawan Abhe
Salah satu indikatornya adalah keluarnya Sulsel dari zona merah ke hijau.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) Faisal Amir menyatakan kualitas pemilihan umum kepala daerah di Sulsel selama beberapa tahun terakhir ini terus membaik.

"Kualitas pilkada kita di Sulsel semakin membaik, ini semua karena peran serta semua pihak termasuk masyarakat yang jadi pemilihnya," ujar Ketua KPI Sulsel Faisal Amir di Makassar, Kamis (27/2).

Ia mengatakan beberapa indikator yang menjadi ukuran jika pilkada di Sulsel terus membaik adalah keluarnya provinsi ini dari jalur zona merah ke zona hijau. Faisal mengungkapkan jika pemetaan yang dilakukan oleh pusat dalam hal kerawanan selalu menempatkan Sulsel dan beberapa daerah masuk dalam kategori zona merah.

"Ada banyak indikator penilaian dan salah satu yang paling mencolok adalah pemetaan kerawanan. Sulsel sekarang ini sudah keluar dari zona merah dan sekarang sudah masuk zona hijau. Ini artinya peran serta semua pihak dalam memperbaiki kualitas demokrasi kita sangat tinggi," katanya.

Dia menjelaskan beberapa pengalaman pelaksanaan pilkada yang semakin membaik seperti pada 2018, di mana ada satu pilkada Gubernur dan 11 pilkadakabupaten serta kota berjalan lancar tanpa ada masalah. Karenanya, pengalaman pelaksanaan pilkada dua tahun lalu itu bisa terulang tanpa harus ada masalah yang timbul dan mengganggu stabilitas daerah.

"Kita punya pengalaman pelaksanaan pilkada semakin membaik, tahun 2018 gubernur dan 11 pilkada kabupaten kota. Kita berharap 12 kabupaten pilkada tahun ini berjalan baik," tuturnya. Komisioner KPU Sulsel dua periode ini juga berharap tingkat partisipasi pemilih terus terdongkrak hingga mencapai angka 81 persen atau lebih.

 

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA