Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Ade Yasin: Penanganan Banjir Harus Sinergi Antarpemda

Kamis 27 Feb 2020 05:13 WIB

Red: Ratna Puspita

Bupati Bogor Ade Yasin

Bupati Bogor Ade Yasin

Foto: Republika/Nugroho Habibi
Ade Yasin mengatakan banjir jangan melulu hanya menyalahkan Kabupaten Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Bupati Bogor Ade Yasin menegaskan pentingnya sinergitas antar pemerintah daerah (Pemda) untuk penanganan masalah banjir. Dengan demikian, tidak melulu hanya menyalahkan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Jadi jangan hanya menyalahkan Bogor ketika banjir di Jakarta. Tapi bagaimana penanganan yang harus sinergi antara pemerintah daerah," ujarnya usai menghadiri rapat tentang banjir bersama Komisi V DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2).

Ia menganggap, tidak setiap terjadi banjir di ibu kota, akibat hujan di wilayah Bogor. Hal itu pun, menurutnya, sudah diakui oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebutkan bahwa banjir terjadi akibat hujan lokal.

Baca Juga

Kendati demikian, politikus PPP ini mengaku sudah berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk mengurangi potensi terjadinya banjir di beberapa daerah tetangga. Cara yang dilakukan, di antaranya membangun sejumlah waduk.

"Di timur (Kabupaten Bogor) Waduk Cibeet, dan kami minta ketika dibangun Waduk Cibeet, itu juga dibangun Waduk Cijurey," kata Ade Yasin.

Menurutnya, ketika terbangun kedua waduk itu akan memberikan manfaat untuk sarana irigasi sejumlah sawah, juga pengendalian banjir di wilayah Bogor, Karawang, dan Bekasi. Di samping itu, di wilayah selatan Kabupaten Bogor juga tengah dibangun Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi yang ditarget selesai awal tahun 2021. Dua waduk tersebut disebut-sebut untuk pengendalian banjir di wilayah ibu kota.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA