Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Taiwan Kucurkan Dana Besar untuk Redam Dampak Virus Corona

Selasa 25 Feb 2020 14:54 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini

 Petugas berpakaian pelindung lengkap membawa pasien yang terinfeksi virus corona, ilustrasi

Petugas berpakaian pelindung lengkap membawa pasien yang terinfeksi virus corona, ilustrasi

Foto: Kim Jong-un/Yonhap via AP
Taiwan mengucurkan dana 2 miliar dolar AS untuk meredam dampak virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Parlemen Taiwan menyetujui dana 2 miliar dolar AS untuk membantu meredam dampak wabah virus corona pada Selasa (25/2). Dana tersebut digunakan untuk mendukung sektor ekonomi yang bergantung pada ekspor.

Paket termasuk nantinya diberikan untuk pinjaman usaha kecil, subsidi untuk agen perjalanan, dan pemotongan pajak untuk pengemudi bus wisata. Dana tersebut pun akan disisihkan untuk voucher belanja makanan di pasar malam terkenal Taiwan yang biasanya menjadi daya tarik wisatawan asing.

Baca Juga

"Musuh kita bersama adalah virus, 23 juta orang di Taiwan pasti tidak akan dikalahkan," kata anggota parlemen dari partai oposisi utama Kuomintang Hung Mong-kai setelah pengesahan.

Hung menyatakan dukungan atas keputusan tersebut karena menyangkut nasib masyarakat luas. Langkah itu menjadi keputusan langka bagi parlemen Taiwan yang kompak dalam mengambil keputusan.

Pulau itu telah melaporkan 31 kasus infeksi virus dan satu kematian. Pemerintah telah menangguhkan hubungan perjalanan dan pariwisata dengan China untuk menekan penyebaran virus korona.

Pengesahan paket dana tersebut masuk dalam undang-undang stimulus yang turut  menghukum orang yang melanggar perintah karantina rumah. Bagi mereka yang melanggar perintah karantina menghadapi denda 2 juta dolar AS atau dua tahun penjara.

Taiwan telah melaporkan beberapa kasus orang yang seharusnya dalam karantina tidak melakukan hal tersebut. Kondisi itu membuat ancaman baru kesehatan bagi masyarakat Taiwan. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA